Sebelum Membeli, Simak Tips dan Daftar Harga laptop 2018

Laptop menjadi salah satu perangkat yang memiliki fungsi penting untuk menunjang berbagai aktivitas. Pemilihannya pun tidak bisa sembarangan. Tidak hanya memperhatikan daftar harga laptop 2018 saja, melainkan juga spesifikasinya. Banyak yang merasa kecewa setelah membeli karena kinerjanya yang tidak sebanding dengan harganya. Namun ada juga yang merasa menyia-nyiakan uangnya karena membeli laptop yang terlalu tinggi spesifikasinya dan melebihi kebutuhan. Karena itu sebelum memilih perangkat elektronik tersebut, sebaiknya ketahui dulu tujuan penggunaannya, apakah untuk desain, bermain game, dan lain sebagainya.laptop

Tips Membeli Laptop Sesuai dengan Kebutuhan

Memang mengetahui daftar harga laptop 2018 bisa memberikan gambaran mengenai jenis laptop yang sesuai kebutuhan. Namun spesifikasinya juga harus dipertimbangkan, jangan sampai produk yang sudah dibeli tidak bisa bekerja maksimal. Ada beberapa tips memilih laptop yang perlu calon pembeli ketahui agar bisa memperoleh produk yang sesuai keinginan, diantaranya adalah:

  1. Memilih sistem operasi

Secara umum, ada dua jenis sistem operasi yang digunakan saat ini yaitu Mac dan Windows. Beberapa laptop ada yang sudah dilengkapi dengan OS namun ada juga yang dijual terpisah. Mac OS merupakan sistem operasi yang hanya terdapat dalam MacBook. Sedangkan Windows banyak dipakai oleh jenis laptop lain. Kedua sistem tersebut memiliki kelebihan masing masing. Namun untuk sisi keamanan dan kecepatan kinerja, Mac OS lebih diandalkan.

  1. Memilih ukuran

Sebelum bandingkan daftar harga laptop 2018, sebaiknya lihat dulu varian ukuran laptop yang tersedia. Sesuaikan saja dengan kebutuhan. Laptop yang berukuran kecil memang ringkas, namun kurang detail jika berkaitan dengan grafis. Ukuran terkecil untuk laptop saat ini adalah 11 inci cocok untuk kalangan anak-anak dan pelajar. Sedangkan yang paling besar adalah 18 inci, sesuai untuk gamer atau editor. Semakin besar ukurannya, maka bertambah pula beratnya kurang lebih mencapai 2 kg.

  1. Menentukan spesifikasi

Spesifikasi menjadi bagian penting yang ada pada laptop karena menentukan seberapa besar kinerja yang dihasilkan. Ada beberapa komponen yang terdapat dalam perangkat tersebut mulai dai Prosesor, Hard drive, RAM, VGA, dan lain-lain. Semua bagian itu saling terkait untuk menghasilkan performa yang optimal. Prosesor diibaratkan sebagai otak dari laptop, hard drive berkaitan dengan penyimpanan, RAM adalah kecepatan, sedangkan VGA berhubungan dengan tampilan grafis. Sesuaikan saja komponen tersebut dengan kebutuhan karena sedikit banyak akan mempengaruhi nilai jual. Bisa dilihat sendiri dari daftar harga laptop 2018, semakin tinggi spesifikasinya maka semakin banyak pula budget yang dikeluarkan.

  1. Mengetahui daya tahan baterei

Tips memilih laptop murah intinya sama dengan memilih handphone, daya tahan baterei juga menjadi pertimbangan terlebih bagi pengguna yang menghabiskan sebagian besar waktunya di depan perangkat tersebut. Baterei sebuah laptop maksimal bisa bertahan sampai dua jam lebih. Namun ada juga beberapa merk yang menjual baterei terpisah agar bisa disesuaikan dengan keperluan. Tipe baterei yang bisa dicopot atau tidak sebenarnya tidak begitu berpengaruh. Yang penting adalah kapasitas baterei agar bisa menyala dalam jangka waktu yang lama tanpa perlu repot melakukan charging.

  1. Sesuaikan dengan budget

Meski banyak pilihan merk laptop yang ada saat ini, namun untuk masalah harga terbilang cukup tinggi. Paling tidak calon pembeli harus menyiapkan budget 5 jutaan untuk mendapatkan laptop dengan spesifikasi yang mumpuni dengan layar minimal 14 inci. Namun jika dana yang tersedia kurang dari 5 juta, masih ada beberapa produk yang bisa didapatkan dengan budget minimalis. Namun spesifikasinya tentu lebih rendah dan ukuran yang kecil misalnya 11 inci.

  1. Memilih merk

Spesifikasi sama, namun harganya bisa berbeda untuk merk satu dan lainnya. Karena itulah sebelum membeli sebaiknya lakukan observasi dulu agar bisa mendapatkan perangkat dengan spesifikasi yang sesuai dan juga harga yang bersahabat.

Tak perlu repot-repot mengunjungi satu persatu toko komputer, karena calon pembeli bisa mendapatkan daftar harga laptop 2018 murah secara lengkap di Bhinneka.com. Pilihan produknya sangat beragam dari berbagai merk. Baca dulu spesifikasinya secara lengkap sebelum membeli. Jika bingung mencari produk yang sesuai kebutuhan, bisa kontak customer servicenya via live chat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *