tangan kesemutan
Health

Tangan Kesemutan? Waspadai Adanya Kerusakan Saraf

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya kesemutaan. Biasanya, kesemutan ini dirasakan pada bagian tangan maupun kaki, dan terjadi akibat bagian yang kesemutan tersebut mengalami tekanan. Namun, kesemutan ini biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah tekanan tersebut hilang. Meskipun ada beberapa orang yang memilih untuk mengonsumsi vitamin untuk kram kesemutan saat mengalaminya. Biasanya hal itu dilakukan jika kesemutan yang dirasakan cukup sering dan mengganggu.tangan kesemutan

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ternyata kesemutan juga bisa terjadi akibat adanya kerusakan saraf? Wah, terdengar sangat mengerikan, ya?

Jangan terlalu takut atau khawatir dulu, karena tidak semua kesemutan merupakan pertanda kerusakan saraf. Jika seandainya kesemutan dirasakan sesaat setelah adanya tekanan pada area tangan, maka itu adalah hal yang wajar dan Anda tidak perlu panik. Namun, jika tidak ada tekanan pada area ini barulah Anda patut waspada.

Berdasarkan situs alodokter, penyebab terjadinya kerusakan saraf pada area tangan bisa karena adanya infeksi, cedera, atau penggunaan tangan secara berlebihan. Selain itu, bisa juga terjadi akibat Anda menggunakan tangan dengan gerakan yang tetap untuk mengoperasikan mesin yang memiliki getaran cukup kuat. Kondisi tersebut disebut juga dengan “sindrom getaran tangan dan lengan”. Kerusakan saraf juga bisa terjadi akibat Anda kekurangan vitamin, konsumsi obat jangka panjang, atau menderita suatu penyakit tertentu.

Rusaknya atau gangguan saraf yang menimbulkan rasa kesemutan biasanya jika terjadi pada saraf sensorik. Saraf ini merupakan saraf yang berfungsi untuk membuat Anda bisa merasakan segala sensasi yang terjadi pada tubuh. Misalnya saja saat Anda merasakan sakit, panas saat menyentuh benda panas, makanan manis, dan sebagainya. Namun, kesemutan bukan satu-satunya tanda bahwa Anda mengalami kerusakan saraf. Biasanya ada beberapa tanda lainnya seperti:

  • Mati rasa
  • Nyeri pada tubuh
  • Lebih sensitif terhadap sesuatu
  • Kulit seperti terbakar
  • Gangguan kesadaran akan posisi tubuh

Jika Anda merasakan beberapa gejala di atas, maka ada baiknya jika segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui kondisi pasti kesehatan Anda. Namun, jika masalah yang Anda alami hanyalah kesemutan tanpa adanya gejala lain, Anda bisa coba untuk mengatasinya dengan mengonsumsi vitamin khusus dan menghindari hal yang dapat berisiko menyebabkan tekanan pada area tangan Anda. Jika masalah kesemutan ini masih terus berlanjut, barulah Anda memeriksakan diri ke dokter. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *