penyakit kritis

Jantung Semakin Sehat dengan Rutin Lakukan Olahraga Ini

Meski sudah memproteksi diri dengan asuransi kesehatan individu, kamu tetap perlu untuk berolahraga. Dengan berolahraga, maka dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, termasuk jaringan sekaligus organ vital di tubuh, tidak terkecuali jantung.

Jantung merupakan salah satu organ vital di dalam tubuh yang berfungsi sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh. Tak hanya itu saja, jantung juga berperan penting dalam membawa nutrisi dan oksigen ke organ tubuh. (source: siloamhospitals.com)

Untuk itu, kamu disarankan untuk selalu menjaga kesehatan jantung dengan rutin berolahraga. Lantas, olahraga apa sajakah yang bisa ditekuni untuk membantu menjaga kesehatan jantung? Yuk, simak!

  1. Senam jantung

Senam jantung merupakan salah satu olahraga yang bisa kamu coba untuk mendapatkan jantung yang lebih sehat. Melakukan olahraga satu ini dapat membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, meningkatkan fungsi jantung, menormalkan denyut nadi, sekaligus memperkuat otot jantung.

Beberapa olahraga senam jantung tersebut seperti:

  • Jongging di tempat
  • Gerakan memanjat
  • Jumping Jacks
  • Squat Jump
  • Burpees
  1. Berenang

Selain dapat membantu menurunkan berat badan, berenang sangat bermanfaat untuk menyehatkan jantung. Melansir dari suara.com, berenang selama 30 menit setiap hari dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner pada wanita 30 – 40% serta dapat meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL) di tubuh.

Bukan hanya itu saja, rutin berenang juga memberikan manfaat lain seperti meningkatkan metabolisme, sirkulasi darah, pernapasan, detak jantung, dan menurunkan tekanan darah. Yuk, rutin berenang untuk jantung yang lebih sehat!

  1. Lari pagi

Kamu juga dianjurkan untuk lari pagi secara rutin setiap hari. Selain bagus untuk kesehatan tubuh, lari pagi pun dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Pasalnya, saat berlari, kamu menghirup banyak oksigen. Semakin banyak kamu berlari, maka semakin banyak pula oksigen yang kamu hirup.

Jika rutin melakukannya, maka dapat memperkuat dan menyehatkan jantung. Oleh karena itu, kamu sangat dianjurkan untuk melakukannya.

  1. Yoga

Mengutip Halodoc, yoga saat ini menjadi salah satu olahraga yang paling diminati. Sebab, olahraga satu ini sangat baik untuk meditasi, menghilangkan penat, sekaligus mengusir segala energi negatif di tubuh. Bukan hanya itu, yoga juga bagus untuk menyehatkan jantung karena melibatkan fokus dan meditasi.

Dengan melakukan yoga, kamu bisa memahami tentang tubuh, cara mengendalikan emosi dan pikiran. Secara tidak langsung, yoga dapat membantu meningkatkan kerja paru, sirkulasi darah, dan membuat jantung jadi lebih optimal.

Yuk, rutin berolahraga untuk mendapatkan jantung yang lebih sehat. Selamat berolahraga, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *