Crème brûlée
Food,  Travel

Makanan Yang Harus Anda Coba di Perancis

Promo paket tour ke Eropa biasanya akan membawa anda untuk singgah ke Kota Cahaya alias Paris, Perancis. Sebelum meninggalkan kota tersebut, anda wajib mencoba makanan – makanan berikut ini.

  1. Foei Grass
Foei Grass
Source: en.wiktionary.org

Foei Grass adalah makanan yang terbuat dari hati angsa, biasanya disajikan dengan sepotong brioche yang diberi sedikit olesan bawang atau selai dari buah fig. Foei Grass merupakan makanan khas yang bisa anda temui ketika perayaan Natal dan Tahun Baru di Perancis. Angsa – angsa yang digunakan sebagai bahan untuk Foei Grass sengaja diberi makan hingga gemuk agar hati yang dihasilkan pun lebih lezat dan besar.

  1. Carbonnande Flamande
Carbonnande Flamande
Source: oliviascuisine

Carbonnande Flamande adalah masakan berbahan daging sapi yang dimasak dengan menggunakan metode “slow cooking” yang direndam dengan ale dan rempah lainnya. Ketika hampir matang, biasanya akan ditambahkan roti jahe yang telah diolesi dengan mustard untuk menambahkan rasa serta disajikan Bersama dengan kentang goreng.

  1. Blanquette de Veau
Blanquette de Veu
Source: foodandwine.com

Blanquette de Veau adalah masakan tradisional yang terbuat dari daging sapi muda bagian bahu atau dada yang dimasak dengan metode slow cooking Bersama dengan krim, wortel dan kuah bawang. Anda bjuga bisa menambahkan jamur pada masakan ini meski bukan hal yang wajib.

  1. Coq-au-vin
Coq-au-vin
Source: bbc.com

Coq-au-vin adalah masakan berbahan dasar daging ayam pejantan yang telah dimarinasi menggunakan wine merah, bacon dan jamur. Masakan ini merupakan simbol dari masakan Perancis yang legendanya menyebutkan bahwa resepnya telah ada sejak kemenangan pemimpin Gallic melawan Julius Caesar.

  1. Steak Tartare
Steak Tartare
Source: finecooking

Steak Tartare adalah daging sapi atau kuda yang dicincang kasar dan diberi bumbu serta berbagai macam rempah untuk kemudian disajikan mentah dalam bentuk silindris dan  ditambahkan sebutir telur mentah diatasnya. Pada umumnya juga disajikan dengan kentang goreng. Meskipun mentah, tidak terasa amis karena rempah dan bumbunya.

  1. Baguette
Baguette
Source: food52

Baguette adalah roti khas Perancis yang bisa anda kenali dari bentuknya yang memanjang dan bagian luarnya yang kering. Meski banyak baguette yang dijual di tanah air, namun rasanya berbeda dengan yang berada di Perancis. Apabila anda berkesempatan untuk mengunjungi Perancis, carilah Baguette dengan ujung yang melancip. Karena Baguette tersebut dibuat dengan tangan dan jauh lebih enak, sementara Baguette yang berujung membulat adalah buatan pabrik.

  1. Crème brûlée
Crème brûlée
Source: cookomix

Crème brûlée adalah makanan penutup favorit di Perancis. Namun jangan salah, Crème brûlée bukanlah flan atau pudding melainkan semangkuk custard yang dilapisi caramel yang mengeras diatasnya. Beberapa Crème brûlée ada yang ditambahkan dengan bubuk kayu manis namun vanilla tetap menjadi yang paling favorit.

Jangan lewatkan kesempatan anda untuk mencoba berbagai masakan Perancis di atas dengan rasa yang otentik ketika anda berada di Perancis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *