Bolehkah Penderita Nyeri Punggung Berenang?

Berenang bisa bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Tentunya, berenang yang dimaksud adalah berenang yang sesuangguhnya. Bukan sekadar bermain air di wahana bermain air di Jakarta. Salah satu masalah kesehatan yang diyakini dapat sembuh dengan berenang adalah masalah nyeri atau sakit pada punggung.sakit punggung

Mungkin banyak dari Anda yang mengira bahwa nyeri punggung hanyalah penyakit orang yang mulai memasuki lanjut usia. Padahal masalah ini bisa menyerang siapapun, termasuk Anda yang masih muda sekalipun. Biasanya masalah ini muncul akibat posisi tidur, berdiri, atau duduk yang salah. Selain itu, bisa juga menyerang Anda yang memiliki kebiasaan membawa barang berat.

Ada beberapa cara pengobatan untuk masalah kesehatan ini, dari mulai konsumsi vitamin, obat, dan melakukan terapi yang salah satunya adalah berenang. Dilansir dari situs kompas, penelitian mengenai manfaat berenang untuk mengatasi masalah ini sudah dilakukan beberapa kali. Salah satunya yaitu di Jepang yang melibatkan penderita sakit punggu bawah kronis. Hasil penelitian tersebut menunjukkkan bahwa mereka mengalami perbaikan kondisi secara signifikan setelah melakukan olahraga renang secara rutin dua kali seminggu. Hasil yang lebih baik bila dibandingkan dengan mereka yang hanya berenang sekali seminggu atau bahkan tidak pernah sama sekali. Hasil yang sama juga didapatkan pada penelitian lain yang dilakukan oleh beberapa negara lain.

Olahraga ini baik untuk penderita nyeri punggung karena tidak memberatkan tubuh saat melakukannya. Selain itu, olahraga ini juga melatih kekuatan, fleksibilitas, dan kesimbangan tubuh. Namun, bagi Anda yang ingin menggunakan olahraga renang untuk mengobati penyakit Anda, wajib untuk memahami beberapa hal berikut:

  • Jenis nyeri punggung

Apakah yang Anda derita adalah nyeri punggung kronis (berkelanjutan) ataukah nyeri punggung akut (terjadi tiba-tiba)? Sebab, olahraga ini hanya efektif untuk mengobati nyeri punggung kronis saja. Jadi, pastikan jenis penyakit Anda sebelum melakukan terapi ini.

  • Gerakan renang

Hanya renang yang dilakukan dengan cara benar yang akan secara efektif bisa menyembuhkan masalah kesehatan ini. Jika Anda melakukannya secara asal-asalan, yang ada justru semakin memperparah kondisi kesehatan Anda.

Untuk lebih amannya, ada baiknya jika Anda mengonsultasikan terlebih dahulu kondisi Anda ke dokter sebelum berolahraga. Sebab, dokter Anda yang persis tahu kondisi Anda. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *