Bolehkah Berenang Saat Hujan?

Bagi kamu yang suka bermain dengan air, apalagi yang memiliki anak, berwisata ke waterpark Jakarta pasti menjadi satu hal yang ditunggu-tunggu. Sayangnya, terkadang ada saja yang menghambat kesenanganmu untuk menikmati semua wahana yang ada, salah satunya yaitu hujan yang tiba-tiba turun. Jika sudah begini, maka rencana untuk bermain air atau berenang jadi terpaksa dibatalkan deh.berenang saat hujan

Memang, banyak orang yang tidak mau mengambil risiko berenang saat hujan turun. Namun, banyak juga yang tetap nekat melakukannya. Menurut mereka, air hujan bukanlah sesuatu yang berbahaya sehingga tetap aman jika berenang saat cuaca hujan. Lalu, bagaimanakah yang sebenarnya? Aman atau tidak berenang saat cuaca tersebut?

Menurut situs poolman.com, kita sebaiknya menghindari berenang di tengah hujan karena beberapa alasan berikut ini:

  • Kemunculan petir sulit diprediksi

Berdasarkan dari National Lightning Safety Institute, perilaku dari petir (lightning) sulit diprediksi. Tidak ada yang tahu kapan petir akan datang saat hujan. Sangat disarankan, untuk tetap berada di dalam ruangan selama cuaca hujan untuk menghindari bahaya. Selain itu, dampak dari adanya petir bisa mencapai jarak yang cukup jauh. Artinya, bukan karena di sekitarmu tidak ada petir, lalu kamu bebas dari bahayanya.

  • Risiko kecelakaan yang mungkin terjadi

Pada saat hujan, kondisi lingkungan akan semakin licin dibandingkan dengan kondisi normal. Selain itu, kamu juga akan mengalami kesulitan untuk berjalan di air saat tiba-tiba mengalami masalah yang mengharuskanmu untuk keluar dari air dengan cepat. Kondisi ini semakin meningkatkan risiko kamu mengalami cedera parah akibat terpeleset lantai yang licin.

  • Sakit yang mungkin terjadi (pool sickness)

Berenang pada saat hujan akan berisiko menyebabkanmu mengalami hipotermia karena pada saat hujan, suhu udara akan semakin rendah (dingin). Sementara, air kolam juga akan semakin terasa dingin. Berdasarkan penjelasan dari situs health line, seseorang yang berada di area dengan angin kencang atau hujan, mungkin akan mengalami penurunan kehangatan tubuh dibandingkan kondisi yang seharusnya.

Setelah mengetahui ketiga bahayanya, yakin kamu mau mengorbankan keamanan dan keselamatanmu hanya demi kesenangan sesaat? Ada baiknya jika cuaca memang sedang hujan, kamu menahan diri terlebih dahulu dan tunda rencanamu untuk berenang. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *