tabrakan mobil

Amankah Membeli Mobil Bekas Kecelakaan?

Salah satu keuntungan membeli mobil dalam kondisi bekas adalah harga mobil bekas yang lebih murah daripada mobil baru. Apalagi jika kamu membelinya dengan memanfaatkan promo di https://www.mocil.id/product/promo/mobil-favorit, dijamin harga mobil bekas yang kamu incar akan lebih terjangkau.

Namun, terkadang ada penjual mobil yang menawarkan harga jauh di bawah harga pasaran mobil bekas untuk tipe dan tahun yang sama. Jika mobil yang Anda incar termasuk di antaranya, maka ada hal penting yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil bekas tersebut. Sebab biasanya, hal ini terjadi jika mobil yang dijual pernah mengalami kecelakaan. Tentunya tawaran seperti ini sangat menggiurkan terutama untuk kamu yang memiliki budget terbatas. Pertanyaannya, apakah mobil dengan kondisi seperti itu aman untuk dibeli?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • Seberapa parah kecelakaannya

Kecelakaan sangat beragam jenisnya. Ada kecelakaan kecil yang hanya menimbulkan sedikit kerusakan pada bagian body mobil saja seperti munculnya baret atau penyok. Untuk jenis kecelakaan seperti ini, tentu saja kamu tidak perlu khawatir dengan keamanan mobil tersebut karena tidak memengaruhi kinerja mesin.

Namun, jika kecelakaan yang terjadi cukup serius hingga memengaruhi mesin maka kamu patut waspada. Pastikan kamu mengetahui komponen mesin apa saja yang terkena dampak dari kecelakaan tersebut.

  • Seperti apa perbaikan yang perlu dilakukan

Tidak mudah mengetahui kondisi sebenarnya dari mobil yang pernah mengalami kecelakaan. Apalagi jika penjualnya bersikap tidak jujur dan berusaha menutupinya untuk mencegah harga jualnya semakin turun. Misalnya dengan melakukan perbaikan yang hanya bersifat sementara, setidaknya mesin aman sampai mobil berhasil terjual.

Itulah sebabnya, jika kamu berencana untuk membeli mobil bekas kecelakaan, kamu harus membawa seorang montir kepercayaan bersamamu. Minta montir tersebut mengecek kondisi mobil yang sebenarnya dan perkiraan perbaikan yang diperlukan.

Hal lain yang perlu kamu lakukan saat membeli mobil bekas kecelakaan adalah melakukan test drive. Dengan melakukannya, kamu bisa menilai bagaimana kondisi mobil saat dikendarai. Apakah mobil masih terasa cukup nyaman dan aman untuk dikendarai? Sebab terkadang, ada beberapa kecelakaan yang menyebabkan mobil tidak lagi aman dan nyaman untuk dikendarai meskipun sudah dilakukan perbaikan. Jika kamu merasa ada yang tidak beres, maka ada baiknya kamu berpikir ulang untuk membelinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *