air dingin

Benarkah Minuman Dingin Membuat Gemuk?

“Jangan minum air dingin, bikin gemuk”. Pernahkah kamu mendengar kalimat seperti itu? Ya, beberapa orang memang masih percaya bahwa air dingin dapat menyebabkan yang mengonsumsinya menjadi gemuk. Namun, benarkah begitu? Berikut ini penjelasannya.

70% lebih dari berarti tubuh manusia terdiri dari cairan yang memegang peran sangat penting dalam sistem metabolisme tubuh. Bahkan begitu pentingnya air, makhluk hidup lebih bisa bertahan jika tidak makan beberapa hari dibandingkan dengan tidak minum. Apalagi jika kamu baru selesai beraktivitas fisik yang mengeluarkan banyak keringat atau ssedang berada di udara panas, mengonsumsi air dalam jumlah cukup banyak sangat penting untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat berkeringat.

Lalu bagaimana dengan air dingin? Bolehkah jika air yang dikonsumsi adalah air dingin untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh?

Tentu saja boleh. Air pada dasarnya tidak memiliki kalori atau zero calorie sehingga tidak akan membuatmu gemuk tidak peduli dingin atau hangat. Bahkan, mengonsumsi air dingin justru bisa membantu proses penurunan berat badan. Hal ini berdasarkan pada The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism yang dikutip oleh thejakartapost.com. Dalam jurnal tersebut disebutkan bahwa air dingin dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh. Saat kamu mengonsumsi air dingin, maka tubuh akan membakar lebih banyak karbohidrat dan lemak untuk mencerna air dingin tersebut untuk mempertahankan suhu intinya (menjadikan suhu air menjadi normal). Hal yang serupa diungkap dalam situs healthline.com.

Namun begitu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terkait mengonsumsi air dingin, yaitu:

  • Hindari mengonsumsi air dingin saat kamu terserang flu, batuk, atau demam karena hal ini akan semakin memperburuk kondisimu.
  • Reaksi air dingin dalam tubuh setiap orang bisa berbeda. Untuk orang yang memiliki tubuh sensitif terhadap dingin mungkin akan memiliki reaksi yang kurang baik saat mengonsumsi air dingin jadi sebaiknya dihindari.
  • Air dingin memang dapat membantu menurunkan berat badan, tetapi pengaruhnya hanya sedikit. Tidak akan efektif jika tidak disertai dengan olahraga dan pengaturan pola makan.
  • Air dingin yang dimaksud adalah air mineral tawar dan bukanlah air dengan rasa seperti es sirup, es the, es kopi, dan sebagainya.

Nah, setelah membaca artikel ini kamu jadi tidak perlu lagi takut mengonsumsi air dingin sepuasnya. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *