Begini Aturan Menata Barang di Atas Mobil

Mobil merupakan alat transportasi yang dijadikan andalan oleh sebagian besar masyarakat saat ini untuk bepergian ke berbagai tempat. Khususnya jika tujuan perginya cukup jauh dan tidak hanya stay di satu tempat saja. Apalagi dengan proses kredit kendaraan yang telah dilengkapi dengan asuransi kendaraan terbaik sekarang semakin dipermudah, membuat semakin banyak orang tertarik memiliki aset ini. Terutama menjelang libur panjang atau lebaran.barang di atas mobil

Memang, bepergian membawa mobil sendiri sangatlah praktis dan nyaman. Apalagi Anda bisa membawa berbagai barang sepuasnya asal bisa mengatur barang bawaan di mobil saat perjalanan jauh. Namun, jika Anda berencana untuk membawa barang dan menatanya di atas mobil, ada baiknya jika mengetahui aturan menatanya terlebih dahulu. Hal ini penting karena sangat berkaitan dengan keselamatan Anda dan orang di sekitar Anda.

Jadi, bagaimanakah cara menata barang di atas mobil agar aman? Berikut ini yang harus diperhatikan:

  • Ukuran

Jangan pernah membawa barang dengan ukuran melebihi panjang serta lebar mobil di atas atap mobil. Sebab, hal ini akan sangat berisiko mengenai kendaaraan lain di sekitar Anda. Apalagi jika barang yang Anda bawa memiliki ujung yang cukup tajam, maka akan semakin berisiko membahayakan pengendara lain.

  • Berat

Atap mobil sebenarnya bukan di desain untuk membawa barang. Bahkan meskipun Anda sudah melengkapi atap mobil dengan roof rack sekalipun. Itulah sebabnya, jika Anda memang harus membawa barang di atas mobil, ada baiknya jika Anda memperhatikan berat dari barang yang akan dibawa. Hindari membawa barang yang terlalu berat karena berisiko akan merusak atap mobil, apalagi jika dilakukan terlalu sering.

  • Penataan

Perhatikan penataannya dengan baik. Hindari menata barang yang terlalu berat pada bagian tengah karena bagian tersebut sebenarnya kurang kokoh untuk menahan beban. Selain itu, hindari menata barang terlalu tinggi karena akan sangat mempengaruhi keseimbangan dalam berkendara.

Selain itu, ada baiknya jika Anda menutup keseluruhan barang tersebut dengan terpal dan jangan lupa untuk mengikatnya secara kuat. Sebab, pada saat Anda berkendara terutama di jalan bebas hambatan, barang tersebut akan terkena angin yang sangat kuat. Tidak hanya itu, kemungkinan adanya hujan pada saat sedang dalam perjalanan juga akan berisiko bagi barang yang dibawa jika tidak ditutup dengan terpal. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *