semangka

5 Jenis Makanan untuk Darah Rendah yang Menyehatkan

Penyakit darah rendah atau hipotensi dapat menimbulkan gejala seperti pusing dan hilang kesadaran. Para penderitanya pun harus dimonitor dengan alat tensi darah akurat setiap beberapa waktu. Ini agar keadaannya bisa terkontrol. Karena itulah penting sekali untuk memiliki alat pengukur tensi darah di rumah. 

Selain itu, pola makan juga perlu mendapat pengawasan. Ternyata ada sedikitnya 5 jenis makanan untuk darah rendah yang aman bagi penderitanya.

Lima Macam Makanan Untuk Darah Rendah

Sebagaimana penderita penyakit darah tinggi (hipertensi) yang tidak boleh makan sembarangan, orang penderita hipotensi pun memiliki pantangan juga. Namun, penderita hipotensi boleh mengonsumsi contoh-contoh makanan yang aman berikut ini:

1. Sayur Bayam

Makanan yang cocok bagi para penderita penyakit darah rendah di bagian pertama adalah sayur bayam. Jenis sayuran ini mengandung zat gizi seperti folat, magnesium, dan vitamin A. Ada pula nutrisi yang sangat penting dalam sayur bayam, yaitu zat besi yang sanggup melawan anemia atau penyakit kurang darah.

2. Buah Semangka

Di tempat kedua, makanan untuk darah rendah selanjutnya yaitu buah semangka, yang memiliki banyak air. Buah ini dapat menjadi sumber air yang baik bagi tubuh selain air putih biasa demi melancarkan peredaran darah. Semangka juga mempunyai beragam zat gizi semisal vitamin B1, B2, dan B3 serta potassium.

Zat potassium ini penting bagi tubuh, sebab dia mampu melawan zat radikal bebas dan mengatur detak jantung manusia.

3. Kacang-Kacangan

Adapun makanan untuk penderita hipotensi nomor tiga yaitu kacang-kacangan yang beraneka ragam. Contohnya kacang polong dan kacang merah, yang mengandung vitamin B, folat, dan kalsium. Kacang-kacang tersebut juga mempunyai kandungan nutrisi magnesium yang bisa merawat jantung dari serangan zat radikal bebas.

Penderita hipotensi sebaiknya banyak makan kacang-kacangan untuk mengendalikan kadar gula darah demi kesehatan jantungnya.

4. Ikan Sarden

Makanan untuk darah rendah di nomor empat ialah ikan sarden, yang mengandung nutrisi seperti vitamin B12 dan.omega-3. Ikan ini bagus untuk menggantikan pangan daging-dagingan, apalagi jika Anda juga berusaha untuk mengurangi berat badan demi menghindari obesitas.

Apabila Anda mengalami kesulitan dalam mencari ikan sarden, silakan ganti ikan tersebut dengan jenis lain, contohnya ikan tuna atau salmon.

5. Minuman Berkafein

Anda boleh jadi berpikir, mengapa minuman berkafein tergolong baik untuk penderita hipotensi? Ternyata kandungan kafein dalam minuman sejenis kopi dan teh mampu mempercepat detak jantung penderita penyakit itu. Detak jantung yang cepat mampu membantu peredaran darah agar berjalan dengan lancar.

Kendati begitu, sebaiknya kopi atau teh tersebut jangan Anda konsumsi terlalu sering agar tidak mengalami gangguan tidur.

Sudah Tahu Lima Jenis Makanan untuk Darah Rendah?

Dan itulah pembahasan singkat mengenai contoh makanan yang cocok dan aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit hipotensi. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit ini, berhati-hatilah dalam memilih kuliner kesukaan Anda di kemudian hari.

Leave a Comment

Your email address will not be published.