Perbedaan SMS Banking, M-Banking dan Mobile Banking

Banyak nasabah yang menggunakan fasilitas sms banking, M-banking atau mobile banking untuk kemudahaannya bertransaksi. Apalagi, dengan adanya promo mobile banking yang terkadang diberikan oleh pihak bank, makin banyak saja yang memanfaatkan kemudahan transaksi ini. Namun, meskipun sudah sering menggunakan berbagai fasilitas ini, ternyata masih banyak, loh, yang belum memahami perbedaan antara ketiga teknologi ini.Perbedaan SMS Banking, M-Banking dan Mobile Banking

Supaya kita tidak salah lagi dan menganggap semuanya sama, yuk, cari tahu perbedaan antara M-banking, sms banking dan mobile banking.

Sms banking

Sesuai dengan namanya, fasilitas SMS banking ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai aktivitas perbankan melalui sms. Sistem kerjanya yaitu, nasabah mengirimkan sms ke nomor yang telah ditentukan, dengan isi kode yang telah ditentukan oleh pihak bank. Kode ini akan berbeda untuk setiap transaksi. Misalnya, kode untuk transfer akan berbeda dengan kode untuk pengisian ulang pulsa. Setelah mengirimkan kode, nasabah akan menerima sms yang meminta nasabah untuk membalasnya dengan pin milik nasabah (sistem bisa sedikit berbeda pada setiap bank). Setelah memasukkan pin, transaksi akan dinyatakan berhasil dan nasabah akan menerima sms konfirmasi dari transaksi yang dilakukan.

M-banking

Pada M-Banking ini, aktivitas transaksi dilakukan menggunakan aplikasi yang telah terinstal pada simcard yang digunakan oleh nasabah. Karena itulah, pengguna fasilitas ini biasanya harus mendaftarkannya terlebih dahulu ke provider yang digunakannya. Namun, ada juga beberapa bank yang bekerjasama langsung dengan provider sehingga aplikasi M-Banking ini langsung tersedia. Nasabah hanya perlu meregistrasikan rekeningnya pada aplikasi M-Banking tersebut melalui customer service (sistem bisa berbeda pada setiap bank). Untuk melakukan transaksi, nasabah hanya perlu memilih menu yang ada pada aplikasi dan bukti transaksi akan dikirimkan melalui sms.

Mobile banking

Bisa dikatakan ini adalah bentuk modern dari M-Banking. Jika aplikasi M-Banking menempel pada simcard, aplikasi mobile banking ini justru terinstall pada ponsel yang digunakan. Bentuk aplikasinya pun terlihat lebih menarik, dan lebih user friendly bila dibandingkan dengan M-Banking. Untuk menggunakan aplikasi ini, biasanya nasabah hanya perlu menginstall aplikasi mobile banking bank dimana nasabah menabung, dan kemudian mengaktifkannya. Hanya saja, ada beberapa mobile banking yang berdiri sendiri, dan ada yang terkoneksi dengan internet banking, sehingga nasabah harus menggunakan internet banking sebelumnya. Sehingga, untuk dapat melakukan aktivasi kita harus terlebih dahulu mengaktivasi akun kita di internet banking. Untuk bukti transaksinya sendiri, biasanya akan hanya berupa tampilan layout berisikan transaksi berhasil.

Nah, dari ketiga fasilitas layanan perbankan tadi manakah yang sering digunakan? (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *