truk iveco

Jenis Truk Berdasarkan Kapasitas

Truk merupakan salah satu aset penting untuk mendukung kemajuan sebuah usaha, khususnya ketika usaha berkaitan dengan produk barang. Sebab, truk ini akan sering digunakan untuk mengangkut bahan baku ataupun produk jadi yang akan dikirimkan ke konsumen. Untuk kebutuhan ini, ada beberapa perusahaan yang memiliki truk logistik sendiri sebagai aset perusahaan, tetapi banyak juga yang memilih untuk menyewa. Alasannya beragam, salah satunya yaitu harga truk yang cenderung mahal sehingga agak memberatkan keuangan jika perusahaan masih dalam tahap berkembang.truk iveco

Apapun yang dipilih, menyewa ataupun membeli, tentunya ada satu hal penting yang harus Anda ketahui dan pahami terlebih dahulu, yaitu mengenai jenis truk. Yap, truk memang memiliki cukup banyak jenis dan bisa dibagi ke dalam beberapa kategori, salah satunya yaitu berdasarkan kapasitas. Memahami hal tersebut sangat penting, terlebih sekarang ini sudah ada larangan dari pemerintah mengenai truk kelebihan muatan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa jenis truk berdasarkan kapasitan berdasarkan situs sinarlogistikjaya:

  • Pick Up

Bisa dikatakan  bahwa ini merupakan truk yang berukuran paling kecil dibandingkan dengan jenis truk lainnya. Ukuran lebar truk ini bahkan banyak yang tidak melebihi ukuran lebar mobil biasa, sehingga masih bisa digunakan masuk ke jalan yang cukup sempit. Ciri khas dari truk ini adalah, memiliki bak yang terbuka pada bagian belakangnya. Bak inilah yang digunakan untuk membawa barang-barang. Namun, karena ukurannya kecil, muatannya tidak terlalu banyak, yaitu sekitar 1 hingga 2 ton. Selain itu, Anda harus melapisi bagian atas dengan penutup untuk melindunginya dari matahari dan hujan.

  • Tronton

Truk jenis ini memiliki ukuran yang cukup besar dan 3 buah sumbu, yaitu 1 pada bagian depan dan 2 sebagai tandem di belakang. Untuk muatannya sendiri tergantung pada bentuk bagian belakangnya. Ada yang berupa tangki untuk mengangkut cairan, dan ada juga yang berbentuk boks untuk mengangkut benda padat. Kapasitas muatannya sekitar 25 hingga 30 ton.

  • Wingbox

Sesuai namanya, truk ini memiliki boks pada bagian belakangnya yang digunakan untuk mengangkut barang. Namun, dinamakan wing karena sisi kanan dan kiri truk ini bisa dibuka dengan naik ke atas, sehingga berbentuk seperti sayap. Kapasitas truk ini yaitu sekitar 32 hingga 36 ton.

  • Colt Diesel

Truk ini cukup sering kita lihat dijalan. Memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan ukuran boks pada bagian belakang yang beragam. Beberapa pemilik truk, seringkali melakukan modifikasi pada bagian ban sehingga truk ini memiliki 6 buah roda. Kapasitas truk ini yaitu sekitar 2 hingga 3,5 ton.

  • Container

Truk jenis ini terbagi menjadi 2 jenis, yaitu container 20 feet dan 40 feet. Container 20 feet memiliki kapasitas sekitar 20 ton, dan 40 feet memiliki kapasitas sekitar 27 ton.

Nah, sudah jelas kan apa saja jenis truk berdasarkan kapaasitasnya? Jadi, perhitungkan terlebih dahulu seberapa banyak muatan yang akan dibawa sebelum memutuskan jenis truk yang akan digunakan. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *