Ingin Hunian Nyaman dan Sejuk? Bisa Kok

Meskipun harga apartemen alam sutera banyak yang terjangkau, banyak yang merasa kurang nyaman jika harus tinggal di apartemen. Salah satu alasannya adalah karena tidak bebas melakukan perubahan pada ruangan. Misalnya saja ketika ingin membuat ruangan terasa sejuk tanpa menggunakan AC.

hunian sejuk dan nyaman
Source: news.lewatmana

Yap, memang AC dapat membuat ruangan terasa sejuk. Namun jelas berada di ruangan ber-AC dalam waktu panjang bisa mengganggu kesehatan. Selain itu, AC yang juga akan memengaruhi tagihan listrik yang harus kamu bayar. AC akan membutuhkan listrik yang cukup tinggi. Semakin banyak AC yang kamu gunakan, maka akan semakin tinggi juga tarif listrik yang harus kamu bayar.

Jika kamu tinggal di rumah, kamu bisa menerapkan beberapa hal berikut ini untuk membuat apartemen sejuk meskipun tidak menggunakan AC, yaitu:

  • Langit-langit tinggi

Jika rumahmu sedang dalam proses pembangunan atau kamu berencana melakukan renovasui apartemen, kamu bisa meninggikan langit-langit dari apartemen. Sebab langit-langit yang terlalu pendek akan membuat sirkulasi udara di dalam apartemen tidak baik dan menyebabkannya terasa panas. Tapi pastikan tanya dulu ke pihak developer, apakah bisa melakukan renovasi pada bagian langit-langit.

  • Buat taman

Meskipun berukuran kecil, sebaiknya kamu membuat taman di apartemen dengan memanfaatkan area balkon. Untuk menambah kesan sebuah taman, bisa menggunakan rumput sintetis dengan desain minimalis sehinga tambah nyaman.

  • Hindari penggunaan furniture besar dalam ruangan utama

Adanya furniture dengan ukuran besar akan membuat ruang utama atau nonton tv bisa lebih sempit. Biar tambah kesan luas, cukup menggunakan meja tv dan karpet plus furniture tambahan sebagai pemanis saja. Oiya, untuk ketika ingin beli karpet harus perhatikan beberapa hal termasuk bahannya sehingga nyamannya dapat.

  • Perbanyak ventilasi

Jangan pelit dalam membuat ventilasi. Sebab ventilasi ini akan membuat sirkulasi udara menjadi baik dan sangat penting juga untuk membuang udara kotor dalam apartemen dan kemudian menukarnya dengan udara bersih.

  • Atur posisi jendela

Ternyata posisi jendela juga sangat berpengaruh pada kesejukan udara, loh. Akan lebih baik jika kamu membuat jendela dalam ruangan dengan sistem bersebrangan. Jendela seperti ini akan membuat udara masuk dari salah satu sisi dan kemudian membawa keluar udara panas dari jendela sisi lainnya.

  • Gunakan kaca film

Saat ini sudah cukup banyak yang memilih untuk menggunakan kaca film pada kaca di rumahnya. Tujuannya agar cahaya matahari tetap dapat masuk saat siang hari sehingga tidak perlu menggunakan lampu, namun udara dalam ruangan tetap tidak terasa panas.

Semoga bermanfaat ya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *