Buka Puasa yang Sehat Untuk Penderita Maag

Sakit maag bukan berarti tidak boleh berpuasa. Bahkan, jika yang kamu derita adalah sakit maag fungsional, kamu bisa sembuh atau setidaknya gejala sakit maag dapat berkurang dengan berpuasa. Namun, untuk kamu yang sakit maag organik, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum menjalankan ibadah puasa. Sebab, meskipun kamu mengonsumsi obat maag kronis secara teratur sekalipun, sakit maag bisa bertambah parah dengan berpuasa.kurma

Hmm, mungkin kamu masih bingung dengan apa sih sakit maag fungsional dan sakit maag organik itu? Berikut ini penjelasan singkatnya.

  • Sakit maag fungsional. Sakit maag yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, seperti telat makan, kebiasaan konsumsi makanan yang dapat meningkatkan produksi asam lambung, stress, dan sebagainya.
  • Sakit maag organik. Sakit baag yang terjadi akibat adanya masalah kesehatan pada sistem pencernaan. Beberapa contohnya seperti tukak lambung dan kanker lambung.

Nah, untuk kamu yang merasa yakin bahwa sakit maagmu adalah fungsional, maka kamu aman untuk menjalankan ibadah puasa. Akan tetapi, ada yang harus kamu perhatikan, yaitu menu makanan yang dikonsumsi. Mungkin, untuk menu sahur cukup terbatas sehingga kamu bisa menghindari konsumsi menu sahur yang dapat memperparah sakit maag. Namun, bagaimana dengan menu berbuka?

Yap, saat berbuka merupakan saat yang rawan di mana kamu biasanya memiliki kebiasaan balas dendam. Karena seharian tidak makan, jadi kamu ingin makan sepuasnya setelah adzan maghrib berkumandang. Padahal, hal tersebut justru bisa memperparah sakit maagmu, loh! Supaya kegiatan ibadah puasa dapat berjalan lancar, berikut ini adalah tips buka puasa yang sehat untuk penderita maag dari Dr. Phaidon L.Torua, sport nutrition, yang dikutip dari situs hipwee berikut ini:

  • Konsumsi minuman yang manis alami tanpa gula pasir. Misalnya air kelapa dan jus buah.
  • Konsumsilah karbohidrat kompleks. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks akan lebih lama dicerna sehingga memperlambat kenaikan glukosa.
  • Hindari gorengan karena dapat mengikat darah hingga 20%. Selain itu, mengonsumsi gorengan saat berbuka dapat memberi efek mengantuk saat solat tarawih.
  • Konsumsi setidaknya 1 liter air putih dari sejak berbuka puasa hingga waktu tidur.

Sebenarnya, ada satu menu berbuka yang sangat dianjurkan oleh para ahli kesehatan, yaitu mengonsumsi air putih dan buah kurma. Buah kurma mengandung fruktosa atau gula alami yang mudah diserap oleh tubuh untuk menyuplai energi ke otot. Sangat mudah sekali, kan? (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *