cloud

Perlukah Bisnis Skala Kecil Menggunakan Cloud?

Saat ini jasa cloud provider Indonesia banyak digunakan oleh perusahaan berskala besar sebagai media penyimpanan dan pengelolaan datanya. Berbagai kelebihan yang dimilikinya dianggap dapat mendukung kinerja perusahaan agar semakin efektif dan efisien.

Namun, bagaimanakah dengan bisnis berskala kecil? Perlukah menggunakan teknologi ini? Nah, sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya jika kita membahas terlebih dahulu mengenai cloud secara umum.

Pengertian Cloud

Cloud computing atau komputasi awan adalah sebuah teknologi untuk memberikan berbagai layanan dengan memanfaatkan koneksi internet dari jenis layanan ISP apa pun. Layanan yang diberikan antara lain:

  • Penyimpanan data
  • Server
  • Basis data (Database)
  • Jaringan
  • Software

Dengan memanfaatkan cloud, maka semua proses dapat dilakukan secara remote selama Anda memiliki akses, koneksi internet, dan program yang dibutuhkan.

Cloud Pendukung Bisnis

Menjawab pertanyaan di atas, perlukah bisnis berskala kecil menggunakan teknologi ini? Jawabannya adalah perlu. Sebab, tidak peduli seberapa besar ukuran bisnis yang Anda kelola, cloud dapat membantu kinerja agar semakin efektif dan efisien.

Berikut ini adalah berbagai kelebihan yang dimiliki cloud untuk mendukung kemajuan bisnis Anda:

  • Akses fleksibel

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, file atau data dalam cloud dapat Anda dan karyawan Anda akses kapan saja. Jadi jika seandainya suatu saat nanti ada karyawan Anda yang harus mengerjakan sesuatu dan bersifat urgent tetapi tidak membawa perangkat yang biasa digunakan, tidak masalah karena bisa mengaksesnya menggunakan perangkat yang sedang dibawa. Bahkan meskipun yang dibawa hanyalah smartphone.

  • Aman

Meskipun cloud dapat di akses kapan saja dan di mana saja, bukan berarti data yang disimpan tidak aman. Sebab, Anda bisa memberikan pengaman berupa pembatasan akses untuk beberapa user. Misalnya file A hanya bisa diakses oleh tim finance, file B oleh tim sales, dan sebagainya. Pemanfaatan cloud juga dapat mengamankan risiko Anda kehilangan data akibat perangkat yang rusak atau hilang.

  • Biaya fleksibel

Cloud memberikan fleksibilitas biaya sesuai dengan layanan yang Anda gunakan. Jika bisnis Anda masih kecil dan merasa belum membutuhkan layanan yang banyak maupun kuota penyimpanan besar, Anda bisa memanfaatkan layanan cloud gratis terlebih dahulu. Kemudian Anda bisa mengubahnya menjadi premium dengan membayar sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan usaha Anda.

 

Setelah mengetahui berbagai keuntungannya, apa Anda tertarik untuk menggunakan teknologi ini pada bisnis Anda?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *