flu dan batuk
Health

Sering Batuk atau Flu? Waspadai 3 Penyebabnya

Batuk dan flu merupakan 2 jenis penyakit yang umum dialami oleh masyarakat. Apalagi dengan kondisi cuaca yang tidak menentu seperti sekarang dan juga polusi udara yang semakin meningkat. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata kondisi ruang di apartemen Jakarta Selatan yang menjadi tempat tinggal Anda juga bisa menjadi penyebabnya?

Eits, jangan keburu menyalahkan apartemennya karena kondisi yang dimaksud adalah akibat dari kesalahan Anda sendiri. Sayangnya, banyak orang yang sering tidak menyadari masalah ini sehingga hanya terfokus pada pengobatan ke dokter setiap kali sakit. Padahal, selama masalah utama yang menjadi penyebabnya belum diselesaikan, maka kemungkinan penyakit tersebut muncul kembali sangatlah besar. Berikut ini, adalah beberapa kesalahan yang dimaksud:

  • Jarang membersihkan ruangan

Tingginya aktivitas keseharian di luar ruangan membuat banyak orang sudah merasa lelah saat sampai di tempat tinggalnya dan tidak lagi sempat membersihkan ruangan. Bahkan untuk menyapu ataupun mengepel saja tenaganya sudah tidak terbagi. Ada yang akhirnya hanya membersihkan seminggu sekali saat weekend, itupun jika tidak ada acara ke mana-mana. Akibatnya kebersihan ruangan tidak akan terjaga dan ruangan menjadi sumber penyakit.

  • Terlalu banyak barang

Coba periksa ada berapa banyak barang di ruang apartemen Anda dan lakukan analisa apakah semua barang tersebut efektif digunakan? Semakin banyak barang yang ada di dalam ruangan, maka akan semakin banyak juga debu yang berkumpul. Apalagi jika Anda buka tergolong orang yang rajin bersih-bersih. Atau barang yang ada di ruangan merupakan barang-barang berukuran kecil yang cukup sulit untuk dibersihkan. Jika kondisi ini dibiarkan terus, maka akan membuat ruangan penuh debu dan menjadi sumber penyakit.

  • Tidak mengecat ulang

Tahukah Anda bahwa ternyata dinding rumah juga perlu dilakukan pengecatan ulang secara berkala? Atau jika Anda menggunakan wallpaper, maka wallpaper tersebut juga harus diganti secara berkala. Sebab, debu tidak hanya menempel pada barang-barang saja tetapi juga pada permukaan dinding.

Banyak orang yang mengira bahwa ruangan di apartemen akan bebas debu karena sering tertutup dan berada jauh dari jalan raya. Padahal kenyataannya, debu tetap saja banyak muncul meskipun berada di ruang apartemen. Jadi, ada baiknya jika Anda memperhatikan 3 hal di atas jika mulai merasa sering terkena masalah kesehatan seperti batuk atau flu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *