sate buntel

Ragam Makanan Khas Solo dengan Rasa Nikmat

Selain Surabaya yang punya banyak tempat wisata, Solo juga merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup banyak diminati. Itulah mengapa, semakin banyak hotel yang tersedia di kota ini agar bisa memenuhi kebutuhan para wisatawan. Misalnya saja seperti Hotel Monoloog Solo yang berlokasi tidak jauh dari Puro Mangkunegaran, sehingga memudahkan para wisatawan yang ingin mengunjungi lokasi tersebut.

Selain tempat wisata maupun fasilitas wisata seperti hotel, Solo juga memiliki ragam kuliner khas yang memiliki cita rasa nikmat. Apa saja ya? Berikut ini beberapa di antaranya:

Timlo

Timlo diyakini merupakan makanan yang dasarnya berasal dari Tiongkok, yaitu sup kimlo, dan dibawa oleh saudagar ke Jawa Tengah pada abad ke-19. Setelah itu, makanan ini menjadi populer dan dimodifikasi menggunakan bahan-bahan lokal. Perubahan nama dari kimlo menjadi timlo disebabkan karena perbedaan dialek.

Timlo sendiri adalah sajian makanan serupa sup dengan isian ayam, kembang tahu, wortel, kol, jamur kuping, dan telur. Kuahnya sendiri menggunakan kaldu yang berasal dari tulang ayam kampung dan diberi berbagai rempah. Hal ini membuat Timlo memiliki rasa yang cukup dominan.

Sate Buntel

Sate buntel merupakan hidangan khas Solo yang terbuat dari daging kambing. Daging tersebut akan dicincang halus bersama dengan lemak daging. Setelah itu, daging yang telah dicincang dan dibumbui akan digulungkan pada tusukan sate. Kemudian daging akan ditutup dengan lemak daging kambing yang telah disiapkan, lalu dibakar.

Fungsi dari lemak yang membungkus daging ini adalah agar daging tidak berantakan saat dimasak. Selain itu, lemak ini akan menjaga agar tekstur daging kambing tidak menjadi kering dan keras saat dimakan.

Bubur Tumpang

Bubur tumpang memiliki nama lain yang sering digunakan masyarakat Solo, yaitu jenang lemu. Makanan ini adalah perpaduan dari dua jenis makanan, yaitu bubur dan sambal tumpang dan menjadi favorit masyarakat Solo.

Sambal tumpang sendiri adalah makanan yang terbuat dari tempe semangit, yaitu tempe yang hampir busuk. Meskipun sudah hampir busuk, tetapi tempe ini masih aman dikonsumsi dan memiliki rasa yang nikmat. 

Menarik sekali kan berbagai jenis makanan di atas? Di antara berbagai makanan tersebut, mana nih yang ingin kamu coba saat berwisata ke Solo? Atau mungkin, kamu punya daftar menu makanan khas Solo lainnya yang harus dicoba?

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.