bakar

Penting! Inilah Hal Seputar Luka Bakar dan Penanganannya

Luka bakar merupakan salah satu jenis cedera yang memungkinkan untuk terjadi kapan saja. Perlu Anda ketahui bahwa luka bakar merupakan kondisi yang mengharuskan Anda untuk langsung mendapatkan pertolongan pertama atau bahkan mengonsultasikannya ke dokter menggunakan asuransi rawat jalan.

Adapun beberapa jenis luka bakar yang perlu Anda ketahui agar dapat segera diberikan pertolongan pertama. Simak artikel ini lebih lanjut, ya.

  1. Luka Bakar Ringan

Luka bakar ringan ini bisanya juga disebut dengan luka bakar derajat 1 yang ciri-cirinya adalah luas are yang terluka tidak lebih dari 8 cm. tidak hanya itu, jenis luka bakar yang satu ini juga hanya meliputi kulit bagian paling luar saja sehingga tidak dianggap terlalu serius. Untuk menangani luka bakar dengan jenis ringan ini, Anda hanya perlu mendinginkan area yang terluka untuk meredakan rasa perih atau mengompres luka dengan handuk yang dibasahi dengan air dingin. Apabila luka melepuh, usahakan untuk tidak memecahkannya karena hanya akan menyebabkan infeksi. Atasi luka melepuh tersebut dengan mencucinya menggunakan air bersih yang mengalir agar pecah dengan sendirinya.

  1. Luka Bakar Sedang

Luka bakar sedang merupakan jenis luka bakar yang disebut dengan luka bakar derajat 2 yang ciri-cirinya meliputi kulit melepuh, sangat perih dan juga terlihat kemerahan. Luka bakar sedang membutuhkan perawatan medis darurat, apalagi apabila lukanya terdapat dia area yang penting seperti wajah, tangan, selangkangan, paha dan kaki. Sebagai pertolongan pertama untuk luka bakar sedang, Anda dapat mendinginkan area yang cedera dengan handuk yang sudah direndam di air dingin selama 15 menit. Jika luka bakar memiliki lebar yang cukup luas, maka Anda harus segera mengonsultasikannya ke dokter karena bisa saja luka tersebut membengkak, makin memerah dan juga semakin sakit. Apabila Anda mengonsultasikan ke dokter, maka akan diberikan obat seperti antibiotik untuk mengurangi rasa sakit dan mencegah infeksi.

  1. Luka Bakar Berat

Luka bakar berat atau luka bakar tingkat 3 merupakan luka bakar yang sangat serius karena dapat merusak seluruh lapisan kulit, lemak atau bahkan sampai ke otot dan juga tulang. Pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah pastinya jauhkan korban dari sumber kebakaran dan juga asap lalu lepaskan perhiasan, aksesoris ataupun pakaian yang terdapat di sekitar area yang cedera. Berbeda dengan luka bakar jenis lainnya yang sudah disebutkan di atas, luka bakar berat ini sangat tidak diperbolehkan untuk langsung diberikan air dingin pada area yang terbakar untuk mencegah turunnya tekanan darah dan aliran darah secara drastis, melainkan tutup luka bakar dengan kain bersih ataupun plester yang dingin dan juga lembut lalu langsung konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

 

Nah, itu dia hal-hal seputar jenis-jenis luka bakar dan juga penolongan pertama yang bisa dilakukan sebelum mendapatkan pertolongan langsung dari tim medis. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.