Ini Dia Musuh Cat Mobil yang Perlu Dihindari

Saat berencana untuk membeli mobil Honda bekas maupun mobil bekas merek lainnya, cat mobil menjadi salah satu bahan pertimbangan. Baik dari segi warna maupun kondisinya. Apalagi mengingat biaya cat ulang pada mobil sangatlah besar, jadi jika membeli mobil dengan kondisi cat yang sudah rusak pasti akan membuat boros ke depannya.

Memang hampir tidak ada mobil bekas terutama tahun lama yang memiliki kondisi cat sempurna. Namun kondisi cat tetap bisa dijaga dengan mewaspadai berbagai musuh besar yang dapat mempercepat kerusakan cat berikut ini:

  1. Air

Air sangat berguna untuk menghilangkan debu maupun kotoran yang menempel pada permukaan bodi mobil. Meski begitu, jangan pernah membiarkan air mengering dengan sendirinya pada bodi mobil, ya, karena bisa membentuk jamur. Jika dibiarkan begitu saja, jamur tersebut malah bisa mengeras dan sulit untuk dihilangkan. Hasilnya, malah membuat cat mobil terlihat kusam dan tidak menarik lagi. Selain itu, air dengan kandungan garam yang tinggi juga bisa mempercepat kerusakan cat.

  1. Shampoo

Sama halnya dengan air, shampoo pun biasanya sering dimanfaatkan untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel pada bodi mobil. Namun, jangan menggunakan shampoo yang bukan dibuat khusus untuk mobil karena bisa menyebabkan lapisan cat mobil menipis dan lama-kelamaan membuatnya terlihat kusam. Sebaiknya pilihlah shampoo yang aman digunakan untuk mobil dengan kandungan PH di bawah 10.

  1. Getah pohon

Memarkirkan mobil di bawah pohon memang dapat menghindari paparan sinar matahari. Namun, harus tetap hati-hati karena jika permukaan bodi mobil kejatuhan getah dari pohon maka jika dibiarkan saja malah menimbulkan bekas dan susah untuk dihilangkan sekalipun menggunakan cairan khusus. Kalau sudah begini, tentu cat mobil pun akan terlihat jelek.

  1. Air aki

Berhati-hatilah ketika mengganti air aki mobil karena jika cairan tersebut mengenai permukaan bodi mobil bisa menyebabkan cat mobil rusak. Apabila terlanjur terjadi, segera siram bagian yang terkena cairan aki dengan air panas. Jangan sampai didiamkan karena cairan tersebut bisa merusak cat bodi mobil. Jika kerusakannya parah perlu melakukan pengecatan ulang supaya catnya tetap terlihat mengkilap.

Itulah beberapa musuh dari cat mobil yang sebaiknya diwaspadai agar kondisinya tetap baik. Dengan begitu, penampilan mobil Anda akan selalu terjaga dan enak dilihat. Bahkan ketika Anda berniat menjual mobil lama Anda tersebut, harga jualnya bisa tetap bertahan tinggi.

Namun, sebelum menjualnya, pastikan terlebih dahulu mengecek keseluruhan mobil Anda, terutama pada bagian sistem pengereman. Sebab, bagian ini menjadi komponen paling penting pada mobil dan jika sistem pengereman mobil bermasalah maka bisa berakibat fatal. Untuk itu, jangan lupa mengeceknya, ya

Leave a Comment

Your email address will not be published.