Rawat Rumput Futsal Dengan Cara Ini

Untuk kamu yang hobi olahraga futsal, pasti sudah tahu dong bahwa rumput yang digunakan untuk karpet futsal adalah rumput buatan atau yang sering disebut rumput sintetis. Memang, saking miripnya rumput ini dengan rumput sungguhan, banyak yang mengira ini adalah rumput asli dan baru mengetahuinya setelah menyentuhnya. Rumput ini digunakan karena perawatannya yang cenderung lebih sederhana. Karena perawatannya inilah, menjadi salah satu alasan mengapa rumput sintetis lebih menguntungkan dibandingkan rumput asli.

lapangan futsal
Source: idewirausahakreatif

Meskipun begitu, bukan berarti perawatannya bisa diabaikan begitu saja ya. Ada beberapa hal yang harus dilakukan secara rutin, yaitu:

  • Pengecekan

Pada saat bermain futsal, pemain pasti akan berlari dalam kecepatan tinggi, berhenti mendadak, atau melakukan tendangan keras yang tanpa sengaja akan mengenai rumput futsal ini. Semua hal tersebut, semakin lama akan mempengaruhi kualitas dari rumput futsal. Itulah sebabnya sangat penting untuk dilakukan pengecekan secara rutin karena akan berpengaruh pada keselamatan pemain.

Pengecekan ini bisa dilakukan dengan melihat apakah rumpur futsal masih terpasang dengan sempurna dan lem masih merekat dengan cukup kuat? Selain itu, pastikan juga bahwa tidak ada bagian tertentu pada rumput futsal yang menonjol ke atas dan beresiko membuat pemain tersandung. Sebab, pemain hanya akan fokus pada bola sehingga tidak memperhatikan kondisi lain di sekitarnya.

  • Pembersihan

Jika rumput asli perlu dirawat dengan cara disiram agar tetap hidup, rumput buatan pada lapangan futsal ini juga perlu dirawat dengan cara dibersihkan secara rutin. Yap, rumput buatan ini memang tidak akan mati, namun jika tidak dibersihkan secara rutin maka bisa menjadi sarang penyakit dan tentunya akan berbahaya bagi pemain futsal.

Untuk membersihkan rumput futsal ini, bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu yang ada pada rumput. Sebaiknya lakukan penyedotan ini secara rutin setiap pagi sebelum lapangan futsal dibuka untuk umum. Tidak hanya itu, rumput futsal juga perlu disemprot dengan cairan khusus agar rumput menjadi tahan lama. Setidaknya lakukan penyemprotan satu kali seminggu.

Dengan melakukan kedua hal di atas, maka pemilik lapangan futsal akan diuntungkan karena rumput lebih awet dan pemainpun diuntungkan karena keselamatannya lebih terjamin. Jadi, pastikan untuk tidak mengabaikan kedua hal di atas ya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *