ip camera
Technology

IP Camera dan CCTV, Apakah Sama?

Ketika melihat adanya kamera pengawas di sebuah ruangan, Anda pasti langsung menyebutnya dengan CCTV. Bagaimana dengan IP Camera, pernahkah Anda mendengar istilah tersebut atau melihat bentuknya? Kenyataannya, masyarakat saat ini banyak yang belum mengetahui istilah tersebut apalagi sampai mengetahui di mana mencari IP camera murah dan bagus. Padahal sebenarnya, banyak dari mereka yang sudah sering melihatnya, yaitu CCTV yang dianggapnya sebagai IP camera.

Memang, bentuk keduanya tidak terlalu berbeda tetapi yang membedakan adalah kemampuan, sistem kerja, dan tentunya kualitas gambar yang dihasilkan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah detail mengenai perbedaan keduanya:

  • CCTV (closed-circuit television) merupakan salah satu jenis kamera pengawas yang bekerja secara analog. Sementara IP Cameras sudah memanfaatkan teknologi internet. Keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu mengirimkan hasil rekaman video ke lokasi yang dituju. Namun sesuai dengan sistem kerjanya, CCTV bekerja dengan mengonvert video ke dalam format yang bisa disaksikan dengan menggunakan televisi. Untuk IP Camera, video akan dikirimkan dengan memanfaatkan koneksi internet ke lokasi yang dituju.
  • Kualitas video yang dihasilkan oleh CCTV dan IP Cameras sangat berbeda. IP Camera bisa menghasilkan kualitas gambar yang jauh lebih jelas dibandingkan dengan CCTV. Hasil video dari IP Camera juga bisa diperbesar atau zoom out hingga 300% atau 3 kali lipat dengan kualitas yang masih bagus (tergantung pada kualitas kamera).
  • Jangkauan wilayah yang dapat diawasi oleh IP Camera jauh lebih luas dibandingkan dengan CCTV. Perbandingan antara keduanya bisa mencapai 1:3, yaitu 1 IP Camera dengan kualitas 2MP dapat menjangkau area setara dengan 3 buah CCTV (tergantung cara pemasangan). Perbandingan ini akan membuat Anda lebih hemat karena hanya membutuhkan lebih sedikit kamera untuk dipasang di rumah atau tempat usaha Anda.

Dari penjelasan di atas, IP Camera terlihat memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan CCTV. Namun sebenarnya, IP Camera juga punya satu kekurangan, yaitu sangat mengandalkan koneksi internet. Tanpa adanya koneksi internet yang stabil, maka IP Camera tidak bisa berfungsi maksimal. Itulah sebabnya, untuk area-area tertentu CCTV masih menjadi pilihan dibandingkan dengan IP Camera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *