Manggis Ternyata Memiliki Banyak Manfaat

Tahu dong bahwa ekstrak kulit manggis kini menjadi salah satu obat herbal yang memiliki cukup banyak manfaat untuk kesehatan. Ternyata selain ekstrak kulitnya, daging buahnya yang berwarna putih ini juga memiliki manfaat yang tak kalah penting, loh. Buah yang sering disebut sebagai “ratu buah” dan memiliki rasa manis dengan sedikit asam ini mengandung berbagai macam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

buah manggis
Source: wyalla gardens

Berdasarkan tulisan dalam situs klikdokter, buah ini mengandung kalsium, besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, natrium, protein, karbohidrat, vitamin C, vitamin B6, vitamin B12, vitamin A, dan juga serat. Hmm, banyak sekali kan nutrisi yang terkandung di dalamnya?

Lalu, bagaimana dengan manfaatnya? Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Menjaga kesehatan kulit

Buah manggis memiliki sifat anti inflamasi, antibakteri, antijamur, anti alergi, dan mengandung antioksidan dalam kadar cukup tinggi. Kandungan ini dapat menurunkan risiko terjadinya masalah kulit seperti peradangan, penuaan kulit, alergi, dan beberapa masalah lain.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada buah ini dapat menangkal radikal bebas sehingga menurunkan risiko berbagai penyakit.

  • Menurunkan kolesterol

Manggis memiliki kandungan gamma mangostin yang dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat (LDL). Selain itu, kandungan polifenol juga dapat efektif menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan konsumsi rutin maka kadar kolesterol total akan dapat terjaga stabil.

  • Melancarkan peredaran darah

Buah manggis mampu meningkatkan aliran darah sehingga dapat mencegah terjadinya anemia. Selain itu, fungsi ini juga berperan untuk menurunkan risiko katarak karena aliran darah ke mata berjalan dengan lancar.

  • Mengurangi inflamasi

Kandungan antiinflamasi pada manggis sangat berguna untuk mengurangi gejala radang sendi dengan cara menurunkan kadar C-reaktif protein (CRP) yang merupakan penyebab terjadinya infalamasi.

  • Mengendalikan diabetes

Rasa manggis memang manis, namun ternyata antioksidan dalam buah ini justru dapat mengendalikan metabolisme glukosa dalam darah. Buah ini juga mampu mengurangi resistensi insulin dan membantu pankreas memproduksi insulin.

Nah, jelas kan apa saja manfaat buah ini? Namun ingat ya, jangan karena buah ini memiliki beragam manfaat lalu Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Anda tetap harus membatasinya sesuai dengan kebutuhan. Dan juga untuk beberapa jenis penyakit, buah manggis hanya berperan untuk membantu proses pengobatan, sehingga Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter dan pahami hal ini ketika mengonsumsi obat herbal yang diberikan. (Vita)

1 thought on “Manggis Ternyata Memiliki Banyak Manfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *