Wajib Diketahui, Tahapan Perkembangan Motorik Si Kecil!

Stimulasi tumbuh kembang anak bagi perkembangan motorik si kecil selalu mengalami peningkatan setiap bulannya, tentu membuat Mom dan suami tercinta menjadi sangat senang, bukan? Yap, saat terjadi peningkatan ini, maka tidak hanya fisik si kecil saja yang terus bertambah, akan tetapi motorik kasar maupun halusnya pun turut meningkat. Tahap perkembangan motorik kasar sendiri berkaitan erat dengan gerakan otot besar yang dapat membantu si kecil duduk, berlari, hingga melompat. Sedangkan, motorik halus berhubungan dengan gerak otot kecil seperti jari tangan yang berperan penting untuk membantu si kecil menyusun balok mainan, memindahkan benda, mencoret-coret, dan masih banyak yang lainnya.

Mainan Bantu Perkembagan Motorik si Kecil

Setidaknya, terdapat beberapa tahapan perkembangan motorik si kecil yang sebaiknya Mom ketahui. Apa sajakah itu? Yuk, mari simak pembasannya di artikel berikut ini: (disadur melalui: parentingclub)

  1. Usia 0-3 bulan. Pada usia ini, si kecil mulai belajar menggerakkan bagian tubuh tertentu seperti mengangkat dada dan kepala, layaknya melakukan push up orang dewasa. Tidak hanya itu saja, di usia tersebut anak pun masih menggenggam kedua jari tangannya. Untuk itulah, Mom disarankan melatih motorik halus si kecil dengan cara memberinya benda yang bisa digenggam dan aman digunakan. Atau bisa pula memberinya sentuhan halus pada jemari maupun menyilangkan tangannya, dengan demikian maka otot si kecil akan semakin kuat.
  2. Usia 4-6 bulan. Memasuki usia empat bulan hingga enam bulan, si kecil sudah mampu memiringkan tubuh ke bagian kiri maupun kanan, melakukan tengkurap tanpa bantuan, menggulingkan badan, sekaligus duduk dengan bantuan tangan sendiri. Dengan demikian, maka perkembangannya terus mengalami peningkatan, bukan?
  3. Usis 7-9 bulan. Di usia tujuh hingga sembilan bulan ini, si kecil sudah mampu meraih mainannya sendiri dengan bantuan tangan tanpa terjatuh. Tidak cukup sampai disitu, pada usia ini anak juga sudah sanggup merangkak duduk sekaligus belajar berdiri dengan kemampuannya. Yang paling mengagumkan. Di usia ini anak pun mampu meraih mainan menggunakan jari teluk dan ibu jarinya. Kemampuan ini tentu sangat berharga bagi Mom dan suami!
  4. Usia 10-12 bulan. Setelah melewati waktu panjang, tidak terasa si kecil pun sudah memasuki usia satu tahun. Di usia ini, baik itu motorik kasar maupun motorik halus si kecil sudah mengalami peningkatan dari sebelumnya. Di mana, si kecil sudah berhasil mengangkat badan, melangkahkan kaki, memutarkan kepala tanpa terjatuh, mempertahankan keseimbangan ketika duduk tanpa terjatuh, dan masih banyak kemampuan hebat lainnya.
  5. Usia 1-2 tahun. Pada usia dua tahun ini, anak pun sudah mampu berjalan dengan sangat baik, berjalan maju mundur, menarik sekaligus mendorong benda, berdiri di atas kursi, menggunting kertas, mencoret sesuatu sesuai dengan keinginan, dan lainnya.
  6. Usia 2-3 tahun. Di usia yang sudah memasuki angka tiga tahun, kemampuan si kecil sudah semakin bertambah. Mereka sudah dapat menaiki anak tangga, memasang maupun membuka baju sendiri, menendang bola mainan, memungut benda kecil dengan sangat baik, dan sebagainya.
  7. Usia 3-4 tahun. Di tahun ini, anak sudah dapat berjalan dengan mengayunkan kedua tangannya, berdiri di atas sebuah kaki, menuruni anak tangga dengan kedua kakinya, memanjat sekaligus melompat sesuatu, dan lainnya. Selain itu, di usia anak juga dapat menyusun puzzle dengan sangat rapi sekaligus mengoleskan lem pada kertas.

Bagaimana? Apakah Mom semua sudah mengetahui tahapan perkembangan motorik si kecil? Nah, agar tahap perkembangan motorik tersebut berjalan dengan lancar, Mom sangat dianjurkan untuk memberi si kecil susu Dancow Advanced Excelnutrisi+ setelah memasuki usia 1 tahun ke atas. Rutin memberi si kecil produk susu olahan satu ini, maka dapat meningkatkan stimulasi tumbuh kembang anak sekaligus tahap pertumbuhan motoriknya.

Di dalam susu ini, terdapat berbagai kandungan nutrisi yang sangat bagus untuk tubuh si kecil, seperti vitamin A, C, E, D, Fe, selenium, zink, serat pangan inulin, sekaligus bakteri baik bernama Lactobacillus Rhammonus. Semua kandungan ini dapat memberi tiga perlindungan untuk si kecil seperti mendukung perlindungan saluran pernafasan, daya tahan tubuh, sekaligus saluran cerna si kecil. Tidak hanya itu, produk susu ini pun kaya akan kandungan minyak ikan serta Omega 3 & 6 yang bermanfaat untuk membantu perkembangan otak dan retina mata anak. Yang tidak kalah penting, susu ini juga mengandungan protein dan kalsium yang berperan penting untuk meningkatkan tumbuh kembang anak sekaligus mempertahan kepadatan tulang maupun gigi. Yuk, lindungi si kecil agar bebas bereksplorasi dengan memberinya Dancow Advanced Excelnutrisi+.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *