takut naik pesawat
Health,  Tips And Trick,  Travel

Takut Naik Pesawat, Atasi dengan Cara Ini

Meskipun pesawat menjadi alternatif transportasi yang tepat untuk menjangkau jarak jauh, namun banyak orang yang rela menempuh perjalanan lebih lama dengan transportasi lainnya. Bisa karena takut mabuk dalam perjalanan dan tidak tahu cara mengatasi masalah mabuk perjalanan saat menaiki pesawat tersebut. Atau ada juga yang memang takut terkait dengan keselamatan saat dalam perjalanan. Meskipun  mereka bisa beli asuransi perjalanan yang akan melindungi mereka secara finansial ketika terjadi sebuah risiko, mereka tetap tidak mau menggunakan transportasi tersebut.

Padahal, takut naik pesawat bisa dikatakan sangat merugikan diri sendiri. Sebab, ada beberapa tujuan yang tidak akan bisa Anda jangkau tanpa menggunakan pesawat. Misalnya saja bagi umat muslim, Anda tidak akan bisa pergi ke tanah suci jika takut naik pesawat. Itulah sebabnya, masalah takut naik pesawat ini harus segera diatasi dengan cara yang tepat.

Lalu, bagaimanakah caranya? Tentunya Anda harus mengatasinya sesuai dengan penyebab munculnya rasa takut tersebut. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan Anda takut naik pesawat:

  • Takut ketinggian

Banyak orang yang takut ketinggian akan menghindari transportasi ini karena pesawat pasti akan berada jauh di atas. Namun ternyata, banyak juga penderitanya yang akhirnya berani setelah mencobanya satu kali. Misalnya dalam kondisi terpaksa membuatnya harus menggunakan pesawat, maka dia akan mencobanya dan merasa bahwa transportasi ini aman. Jika Anda termasuk memiliki phobia pada ketinggian, ada baiknya jika melawan ketakutan Anda dengan coba menggunakan transportasi ini. Tentunya, jika kondisi phobia Anda sangat parah, Anda harus mengonsultasikannya terlebih dahulu pada terapis Anda sebelum mencobanya.

  • Mindset

Ada banyak hal yang bisa membuat seseorang memiliki mindset akan suatu hal, salah satunya adalah informasi yang diterimanya. Misalnya, ketika Anda mendengar ada banyak kecelakaan pesawat yang terjadi di berbagai wilayah dan semua korbannya meninggal dunia, maka mindset Anda akan terbentuk secara otomatis. Anda akan percaya bahwa pesawat adalah transportasi yang berbahaya sehingga sebaiknya dihindari. Untuk hal ini, ada baiknya jika Anda menghindari berita-berita seperti ini dan cobalah mencari berita yang menyenangkan tentang transportasi ini.

  • Aerophobia

Takut naik pesawat dan Aerophobia adalah hal yang berbeda. Jika yang Anda alami adalah aerophobia, maka cara mengatasinya adalah dengan melakukan terapi oleh seorang profesional.

Semoga membantu mengatasi ketakutan Anda naik pesawat sehingga Anda bisa mencoba menggunakan transportasi ini. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *