Selain Tidak Nyaman, Menggunakan Sepatu Kekecilan Juga Berbahaya

Meskipun terlihat sederhana, tetapi banyak orang yang sangat memerhatikan berbagai hal saat memilih sepatu. Ada beberapa orang yang mencari sepatu nyaman wanita dan menjadikan kenyamanan sebagai faktor utama saat memilih sepatu. Sayangnya, banyak juga para wanita yang lebih mengutamakan model dibandingkan dengan faktor kenyamanan. Misalnya saja, dengan membeli sepatu berukuran lebih kecil dibandingkan dengan ukuran yang seharusnya hanya karena menyukaai model sepatu tersebut. Padahal, hal tersebut sangat berbahaya, loh!sepatu kekecilan

Yap, menggunakan sepatu kekecilan sangat tidak disarankan oleh para ahli kesehatan karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan, dan berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Hematoma

Pada saat menggunakan sepatu kekecilan, akan terjadi penekanan pada area kuku. Akibatnya, dapat meningkatkan risiko kerusakan atau cedera pada bagian bawah kuku sehingga menyebabkan adanya penumpukkan darah. Kondisi ini disebut dengan hematoma subungual. Kuku dalam kondisi ini dapat lepas dengan sendirinya setelah beberapa saat dan berganti dengan kuku yang baru. Namun, ada juga yang tetap tidak lepas sehingga membutuhkan penanganan khusus. Dalam kondisi tersebut, dokter akan menentukan apakah kuku harus dicabut ataukah tidak, berdasarkan dari tingkat keparahan kondisi tersebut.

  • Penebalan saraf kaki

Penebalan saraf kaki atau yang disebut juga dengan neuroma morton, merupakan masalah kesehatan pada saraf kaki yang ditandai dengan rasa nyeri pada telapak kaki, kesemutan, mati rasa, dan sensasi rasa perih atau terbakar pada area sekitar jari dan bagian depan telapak kaki. Kondisi ini bisa terjadi pada siapapun dan disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya yaitu kebiasaan menggunakan sepatu kekecilan. Seseorang yang mengalaminya akan merasakan sakit seperti sedang menginjak kerikil pada saat berjalan, berlari, atau memakai sepatu. Untuk penanganan masalah ini, Anda bisa mengganti alas kaki yang biasa digunakan dengan yang lebih nyaman. Selain itu, ada baiknya segera mengonsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih tepat.

  • Perubahan struktur tulang

Kebiasaan menggunakan sepatu kekecilan, dapat membuat jari-jari kaki saling menumpuk. Kondisi ini bisa menyebabkan perubahan pada struktur tulang dan bahkan bisa membuat posisi jari bergeser. Tidak hanya itu, kebiasaan ini ternyata juga bisa menyebabkan pembengkakan pada jari kaki.

Membeli sepatu sesuai dengan model yang kita sukai boleh saja, tapi ada baiknya jika kita tidak memaksakannya kalau memang tidak ada ukuran yang cocok. Apalagi jika kita suka memakai sepatu hak tinggi, maka bahaya yang ditimbulkan akan lebih parah. Sebab, memakai sepatu hak tinggi saja bisa berbahaya, apalagi yang ukurannya kekecilan. Masa iya penampilan lebih penting daripada kesehatan? (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *