memarahi anak

Ini Dia Dampak Memaksa Anak Menghabiskan Makanannya!

Apakah Bunda pernah memaksa anak menghabiskan makanannya padahal perut anak sudah kenyang? Jika pernah, hentikanlah kebiasaan tersebut Bunda karena bisa berdampak buruk pada si anak. Di mana, anak akan merasa tertekan ketika makan sehingga membuatnya semakin malas untuk makan. Jika anak malas makan, Bunda tentunya akan semakin kesulitan memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Di samping itu, terlalu memaksa anak menghabiskan makanannya juga akan memberikan beberapa dampak berikut:

  1. Anak menjadi trauma untuk makan

Melansir dari Alodokter, saat memaksa anak menghabiskan makanan yang diberikan padanya maka bisa menimbulkan perasaan tidak bahagia pada si anak. Jika terus-menerus dipaksa, maka membuat anak malah menghubungkan aktivitas makannya dengan omelan atau bahkan paksaan dari Bunda.

Apabila sudah begini, lambat laun anak pun akan menjadi trauma untuk makan dan menolak segala bentuk makanan yang diberikan padanya. Jadi, jangan paksa anak menghabiskan makanannya jika mereka sudah kenyang, ya, Bunda.

  1. Kurangnya kontrol terhadap makanan

Saat anak dipaksa untuk menghabiskan seluruh makanannya, malah bisa berdampak pada kurangnya kontrol anak terhadap makanan. Di mana, keinginannya untuk makan menjadi lebih besar daripada anak lainnya. Bahkan, porsi makannya pun bisa dua sampai tiga kali lipat dari porsi biasanya.

Akibat tidak adanya kontrol atas makanan ini malah membuat anak rentan diserang obesitas, mengalami gangguan makanan seperti bulimia, anoreksia, dan lain sebagainya. So, untuk Bunda yang tidak mau anaknya mengalami kondisi ini sebaiknya jangan terlalu memaksa anak menghabiskan makanannya, ya.

  1. Anak bisa muntah setelah makan

Bunda pastinya sering mendengar jika ada anak yang memuntahkan kembali makanannya setelah makan. Nah, tahukah Bunda, salah satu penyebab anak memuntahkan makanannya adalah karena dipaksa untuk menghabiskan makanan yang diberikan padanya padahal anak sudah kenyang dan tidak mau lagi makan.

Apabila anak memuntahkan kembali makanannya, tentu bisa memberikan dampak negatif pada si anak. Di mana, anak akan rentan diserang penyakit seperti bulimia, misalnya.

  1. Selera makan anak bisa menurun

Ketika anak berhasil menghabiskan seluruh makanannya, tentu membuat Bunda menjadi semakin senang. Tapi, saat anak tidak menghabiskan makanannya pastikan untuk tidak memaksanya, ya. Alasannya karena jika terlalu memaksa malah bisa menurunkan selera makan anak.

Anak menjadi tidak mau mencicipi makanan yang diberikan padanya sekalipun makanan tersebut adalah makanan yang disukainya. Jadi, jangan sekali-kali memaksa anak, ya, Bunda.

Demikian ulasan singkat mengenai beberapa dampak yang akan ditimbulkan jika memaksa anak menghabiskan makanannya. Daripada memaksa anak untuk menghabiskan makanannya, ada baiknya Bunda mengajarkan anak agar mengambil makanan sesuai dengan porsi yang dibutuhkan. Lebih baik jika anak kurang saat mengambil makanan karena anak bisa nambah nantinya, daripada membiarkan makanan terbuang atau memaksanya menghabiskan makanan tersebut. Semoga artikel di atas bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *