tabrakan mobil
Otomotif

Hal yang Perlu Dihindari Ketika Mobilmu Jadi Korban Tabrakan

Lalu lintas di perkotaan memang sangat padat. Apalagi di ibukota seperti Jakarta. Meski kamu sudah membawa mobil, dengan hati-hati, ada banyak ‘ujian’ yang harus kamu lalui. Tak jarang juga terjadi kasus kecelakaan yang menimbulkan kemacetan. Pernahkah terpikir apa yang harus kamu lakukan jika kamu ditabrak kendaraan lain? Meski mobilmu sudah dilindungi dengan asuransi kendaraan terbaik, tetap saja kamu harus mempersiapkan diri jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi padamu. Nah, untuk berjaga-jaga supaya kamu tidak semakin rugi, ketahuilah hal-hal apa saja yang perlu dihindari jika mobilmu ditabrak mobil lain.

  • Buat keributan di tengah jalan

Reaksi pertamamu ketika tertabrak kendaraan lain biasanya adalah marah. Apalagi jika kamu tidak terluka, tapi kerusakan yang ditimbulkan cukup parah. Kamu masih punya banyak energi untuk melampiaskan emosimu pada penabarak. Kamu boleh menunjukkan kekesalan pada orang yang menabrak, tapi kalau bisa jangan sampai baku hantam, apalagi di tengah jalan.  Hal ini hanya akan membuat jalanan macet dan merugikan pengendara lainnya. Daripada menghabiskan energi, sebaiknya cepat selesaikan masalah dengan baik-baik dan kendalikan emosimu.

  • Minta maaf

Kalau marah-marah memang wajar dilarang, tapi mengapa minta maaf juga? Sebenarnya minta maaf meskipun kamu tidak salah itu bisa menjadi hal yang baik untuk beberapa kasus, tapi tidak pada kasus tabrakan. Jika kamu terlalu buru-buru menyebut kata maaf dan merasa bersalah, secara tidak langsung kamu mengakui bahwa kamulah yang menabrak dan bukan kamu yang menjadi korban. Jika memang bukan kamu yang melakukan kesalahan, sebaiknya jangan mengucapkan kata maaf karena bisa-bisa kamu yang dikenakan tanggung jawab untuk mengganti kerusakan.

  • Tidak segera menghubungi pihak berwajib

Siapa bilang kalau menyerahkan masalah ke pihak yang berwajib masalahnya justru jadi panjang dan rumit? Setelah membicarakan masalah baik-baik dengan pelaku, tapi tak kunjung ketemu solusinya, segeralah hubungi polisi setempat. Pihak kepolisian bukan hanya bisa memberikan solusi yang tepat, tapi juga bisa mempermudahmu mengklaim asuransi.

Semoga hal ini tidak terjadi padamu ya, tetapi tak ada salahnya untuk berjaga-jaga bukan? (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *