industri pertambangan

Fungsi dan Jenis Hose Reel di Pertambangan

Hose reel merupakan alat yang umum ditemukan di berbagai lokasi, terutama di area pertambangan. Bahkan, alat ini sangat berperan penting dalam mempermudah dan juga mendukung keselamatan .

Fungsi Hose Reel

Mungkin masih banyak dari Anda yang bertanya, seberapa penting sih menggunakan alat ini dalam industri Anda? Berikut ini adalah beberapa fungsi pentingnya:

  • Meningkatkan Produktivitas

Karena waktu untuk menggulung dan melepas selangnya lebih cepat, praktis, mudah, dan hemat tenaga. Dengan begitu, para pekerja dapat memanfaatkan waktu dan tenaganya untuk melaksanakan pekerjaan lain yang lebih bermanfaat.

  • Menghindari Kerusakan Alat

Selang yang digulung secara manual dan mengalami gesekan dengan tanah atau lantai akan mudah mengalami friksi dan akhirnya bocor. Kalau menggunakan hose reel, hal seperti ini tidak akan terjadi sehingga penggantian peralatan tidak perlu sering dilakukan.

  • Tidak Memakan Banyak Tempat saat Disimpan

Coba bayangkan kalau menggunakan selang yang panjang dan tidak ada penggulungnya, kemungkinan besar akan memakan banyak ruangan. Kalau memakai hose reel tidak demikian karena selang bisa digulung dengan rapi dan reel bisa disimpan di tempat yang tidak terlalu luas.

  • Mencegah Kecelakaan Kerja

Selain bisa menyebabkan kebocoran akibat selang yangberceceran di lantai dan tergesek-gesek, kumpulan selang ini juga bisa menyebabkan kecelakaan kerja. Misalnya akibat tersandung selang, terkena cairan kimia berbahaya dari selang yang bocor, dan sebagainya.

Jenis Hose Reel

Ya, menggunakan hose reel memang sangat penting. Namun, fungsinya akan semakin efektif jika Anda menggunakan hose reel yang tepat. Jika melihat dari sistem kerjanya, hose reel dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitu:

  • Manual

Sesuai namanya, hose reel seperti ini akan membutuhkan tenagga manual untuk sistem kerjanya atau pengoperasiannya. Hose reel jenis ini biasanya akan ada engkol atau komponen yang digunakan untuk memutar. Reel manual ini jarang digunakan untuk hose (selang) atau kabel yang berukuran besar dan berat karena membutuhkan tenaga yang ekstra untuk melakukannya.

  • Otomatis

Reel jenis ini dapat melakukan proses penggulungan secara otomatis. Biasanya memiliki pegas pada bagian tertentu. Setelah hose atau kabel yang sudah ditarik selesai digunakan, Anda hanya perlu menariknya dengan cara tertentu untuk membuatnya menggulung secara otomatis.  Tentu saja, jika dibandingkan dengan reel manual, reel jenis ini dapat sangat menghemat banyak tenaga.

  • Elektrik

Jenis elektrik biasanya membutuhkan alat tambahan seperti motor yang bisa bergerak untuk menggulung. Biasanya dipakai untuk menggulung hose yang ukurannya sangat panjang dan kadang cukup berat sehingga butuh alat khusus untuk melakukannya.

Setelah membaca uraian di atas, apakah Anda tertarik untuk menggunakan alat ini pada industri Anda?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *