sekolah anak

Cari Tahu Beda Sekolah Nasional dan Internasional

Setiap orang tua pasti ingin agar anaknya mendapatkan pendidikan yang terbaik. Bahkan jauh sebelum memilih sekolah, tidak sedikit orang tua yang sudah mengajarkan anak untuk membaca, menulis, dan berhitung (calistung) secara mandiri. Namun, banyaknya jenis sekolah membuat mereka terkadang bingung menentukan sekolah mana yang lebih baik dipilih. Misalnya ketika mendapatkan brosur dari International school in Medan maupun daerah lainnya dan brosur dari sekolah nasional. Di antara keduanya, mana yang harus dipilih ya?

Sekolah nasional dan sekolah internasional pastilah memiliki kelebihan dan kekurangannya. Itulah mengapa banyak orang tua yang memilih sekolah internasional untuk anaknya, tetapi ada juga yang memilih sekolah nasional.

Untuk lebih jelasnya, yuk, kita kenali apa saja perbedaan keduanya!

Kurikulum

Salah satu pembeda utama dari sekolah nasional dan internasional adalah kurikulum yang digunakan. Sekolah nasional, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta, wajib mengikuti kurikulum yang telah ditentukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 

Sementara, pada sekolah internasional akan mengacu pada kurikulum internasional, seperti Kurikulum Montessori, Cambridge Internasional, dan lainnya. Namun, untuk bisa menggunakan kurikulum tersebut, sekolah juga harus mendapatkan izin dan sertifikat resmi dari lembaga terkait.

Bahasa Pengantar

Sebagai sekolah nasional yang menggunakan kurikulum nasional, sudah jelas bahasa yang digunakan dalam proses belajar mengajar adalah bahasa Indonesia. Bahkan, ada beberapa sekolah yang mewajibkan adanya mata pelajaran bahasa daerah sesuai lokasi sekolah itu berdiri, umumnya ada pada sekolah negeri.

Sementara, pada sekolah internasional akan menggunakan bahasa asing dalam proses belajar mengajarnya. Bisa bahasa Inggris, bahasa Jerman, maupun bahasa mandarin. Jadi, jika Anda ingin memasukkan anak ke sekolah internasional, ada baiknya memastikan terlebih dahulu bahasa pengantar yang digunakan agar sesuai dengan kemauan anak dan Anda.

Fasilitas

Sekolah nasional memiliki fasilitas yang beragam atau berbeda antar sekolahnya, baik sekolah negeri maupun swasta. Ada sekolah yang memiliki fasilitas lengkap, seperti tersedianya perpustakaan, laboratorium, dan ruang komputer. Namun, ada juga yang hanya memiliki ruang kelas dan lapangan untuk aktivitas outdoor karena keterbatasan dana.

Sekolah internasional memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan nyaman untuk menunjang aktivitas belajar mengajar. Bahkan, fasilitas yang mungkin tidak bisa ditemukan pada sekolah nasional, ada di sekolah internasional. Namun, dengan lengkapnya fasilitas maka biaya sekolah di sini juga cukup tinggi.

Materi Pembelajaran

Materi dan mata pelajaran yang diberikan di sekolah nasional cenderung cukup banyak sehingga terkadang membuat muridnya agak kesulitan. Apalagi, terkadang anak mampu menguasai satu bidang tetapi kurang di bidang lainnya.

Sekolah internasional memiliki materi yang lebih sedikit tetapi lebih mendalam. Siswa juga diminta untuk lebih aktif dalam proses belajar, sehingga bisa meningkatkan kepercayaan dirinya dalam mengeluarkan pendapat.

Nah, sudah tahu kan apa saja perbedaan antara keduanya? Jadi, keputusan tetap ada di tangan Anda, apakah ingin menyekolahkan anak di sekolah internasional atau sekolah nasional? Semoga, anak Anda bisa mendapatkan pendidikan yang tepat untuknya, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.