hujan di pantai
Destination,  Insurance,  Travel

Bolehkah Wisata Pantai Saat Musim Hujan?

Pantai merupakan salah satu destinasi wisata yang hampir disukai oleh semua orang. Baik saat berwisata di dalam negeri maupun ke luar negeri, jika memungkinkan, pantai pasti menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Namun, karena terlalu asik bermain di pantai terkadang seseorang lupa dan mengabaikan beberapa hal, seperti barang-barang yang dibawanya ataupun keselamatannya. Itulah sebabnya, meskipun berwisata ke pantai di dalam negeri, ada baiknya kamu tetap membeli asuransi perjalanan dalam negeri untuk mengantisipasi kerugian secara finansial saat hal yang tidak diharapkan terjadi dalam perjalanan liburan.

Lalu, bagaimana ketika musim hujan tiba? Banyak orang yang bilang bermain air saat hujan itu berbahaya. Apa itu artinya kita juga tidak boleh berwisata pantai saat musim hujan?

Dikutip dari situs dream.co.id, menurut womenshealthmag air hujan bisa menjadi penyebab air pantai terkontaminasi oleh bakteri. Sebab pada saat musim hujan, air yang ada pada pantai tercampur dengan air yang berasal dari sungai dan sumber lainnya. Artinya, air-air tersebut sudah terkontaminasi dengan berbagai kotoran sebelum mengalir ke laut. Itulah sebabnya, akan lebih banyak bakteri pada air laut ketika musim hujan dibandingkan dengan musim lainnya.

Kondisi ini akan sangat berbahaya bagi tubuh ketika tanpa sengaja tertelan saat sedang bermain air pantai. Atau jika ada luka pada tubuh Anda, polusi air pada air laut akan berisiko menyebabkan luka Anda mengalami infeksi dan semakin parah.

Tidak hanya itu saja, kemungkinan akan adanya badai atau ombak tinggi juga akan semakin tinggi ketika musim hujan tiba. Dan ini tentunya akan sangat berbahaya karena kamu tidak akan pernah tahu kapan ombak tinggi tersebut datang. Bisa saja saat kamu sedang asik bermain, tiba-tiba ombak tinggi datang dan kamu tidak sempat lagi ke tepi pantai untuk menyelamatkan diri. Belum lagi sifat air yang merupakan penghantar listrik bisa menambah risiko bahaya jika hujan disertai dengan petir.

Hmm, cukup banyak kan risikonya? Jadi, ada baiknya jika kamu coba mencari alternatif tempat wisata lain yang bisa didatangi dengan aman saat musim hujan. Misalnya saat kamu sedang ke Yogyakarta ketika musim hujaan. Daripada mengambil risiko bermain ke pantai di Gunung Kidul, lebih baik jika mengunjungi berbagai tempat wisata yang sedang sedang hitz di Yogyakarta. Semoga bermanfaat! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *