Virus

Bisakah Penularan Virus Dicegah?

Virus menjadi hal yang sedang hangat dibicarakan saat ini. Bukan hal yang aneh, dengan semakin meningkatnya orang yang terdeteksi positif COVID (Corona Virus Disease-19) wajar saja jika banyak orang yang tertarik dengan topik ini. Apalagi dengan beredarnya berita bahwa asuransi syariah Indonesia maupun konvensional memasukkan penyebab kematian ini ke dalam pengecualian pertanggungan asuransi jiwa sehingga perusahaan asuransi tidak bisa memberikan jaminan pertanggungan untuk seseorang yang positif terinfeksi virus ini. Membuat masyarakat berusaha untuk mencegah agar mereka tidak terinfeksi, salah satunya dengan mengetahui berbagai informasi mengenai virus ini.

Sebenarnya, selain COVID-19 yang sedang heboh saat ini, penyakit yang terjadi akibat virus sudah cukup banyak. Namun, pernahkah Anda bertanya apakah sebenarnya virus dan mengapa virus ini bisa muncul? Serta bisakah penularan penyakit akibat virus ini dicegah? Berikut ini adalah pembahasannya berdasarkan situs halodoc dan ncbi.

Virus adalah sebuah parasit yang berukuran sangat kecil bahkan lebih kecil dari bakteri. Dikatakan sebagai bakteri karena virus tidak dapat hidup sendiri tanpa adanya sel tempat tinggal sebagai inangnya. Selain itu, virus juga tidak mampu untuk melakukan reproduksi sendiri. Namun bukan berarti virus jadi tidak bisa berkembang, karena setelah menempel pada sebuah sel maka virus dapat membuat sel tersebut membantu proses reproduksinya dan berdampak pada rusaknya sel yang menjadi inangnya tersebut. Tidak hanya merusak saja, virus juga dapat membunuh sel yang menjadi tempat tinggalnya tersebut.

Virus memiliki RNA dan DNA sebagai bahan genetiknya. Virion, atau seluruh bagian partikel virus yang menular, terdiri atas asam nukleat dan kulit terluar protein. Untuk virus yang berjenis paling sederhana umumnya mengandung DNA atau RNA yang cukup untuk mengkodekan 4 protein, sementara pada jenis virus yang kompleks bisa mengokodekan hingga ratusan protein.

Pertanyaan selanjutnya, bisakah penularan akibat virus dicegah?

Sebenarnya sama halnya dengan penyakit lain, tidak ada yang bisa menjamin Anda akan aman 100% dari penyakit yang disebabkan oleh virus. Namun, ada beberapa hal yang bisa Anda coba lakukan, yaitu:

  • Beberapa virus sudah memiliki vaksin sehingga dapat membantu mengurangi risiko Anda terhadap penularan suatu jenis virus (tergantung jenis vaksin yang digunakan).
  • Menjaga kebersihan diri dan lingkungan menjadi cara yang sangat efektif untuk menghindarkan diri dari penularan virus.
  • Perbaiki gaya hidup menjadi lebih sehat sehingga imun tubuh meningkat. Sebab, dengan kuatnya imun tubuh maka tubuh Anda sendiri yang nantinya akan melawan segala virus yang datang.

Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *