kingslaive final fantasy
Entertainment,  Movie,  Review

3 Film Terkenal yang Diadaptasi dari Game

Menciptakan sebuah game yang terkenal hingga ke seluruh dunia bukanlah hal yang mudah. Apalagi dengan banyaknya developer game pc terbaru di berbagai belahan dunia yang saling bersaing untuk meminat para gamer untuk memainkan game buatannya. Meskipun begitu, beberapa game ternyata berhasil meraihnya.

Terbukti dengan adanya game yang kemudian dibuat versi spin-off dalam bentuk komik. Tidak hanya itu saja, gamegame ini juga bahkan diadaptasi menjadi film layar lebar yang tentunya juga berhasil meraih kesuksesan.

Game apa sajakah itu? Berikut ini adalah 3 di antaranya:

  • Warcraft

warcraft

Warcraft: The Beginning, merupakan judul film dari game ini. Film ini dirilis pada tahun 2016 dengan tanggal yang berbeda di Inggris (30 Mei 2016) dan Amerika Serikat (8 Juni 2016). Sementara premiernya dilakukan di Paris pada tanggal 24 Mei 2016. Film ini meraih kesuksesan dengan berhasil meraih pendapatan mencapai US$ 400 juta pada akhir Juni 2016 dari pemutarannya di seluruh dunia. Dari total tersebut, China merupakan penyumbang terbesar yaitu mencapai lebih dari US$ 200juta.

Sayangnya, beberapa fans modern warcraft harus kecewa setelah menyaksikan film ini. Sebab dalam warcraft game series, film ini mengambil seri pertama warcraft atau “Warcraft: Orcs & Humans” yang dirilis pada tahun 1994. Sementara banyak fans game ini yang berharap karakter favorit mereka di modern warcraft atau warcraft 3 ada dalam film tersebut.

Meskipun begitu, bagi pencinta warcraft yang mengikuti game ini sejak awal, hal tersebut bukanlah masalah. Bahkan banyak juga yang berharap agar film warcraft kedua segera dibuat dan kemudian dirilis.

  • Final fantasy

kingslaive final fantasy

Siapa sih yang tidak kenal dengan final fantasy? Bahkan orang yang bukan gamers saja pasti pernah mendengarnya. Selain versi film, game ini juga diadaptasi ke dalam beberapa bentuk, seperti OVA (Original Video Animation), animated television, dan computer generated film. Film dari games ini pertama kali dirilis pada tahun 2001 dengan judul “Final Fantasy: The Spirits Within”. Saat itu, film ini disebut sebagai photorealistic computer-animated feature film pertama yang menghabiskan budget terbesar. Jumlah biaya produksinya bahkan melebihi dari total pendapatan yang berhasil diperoleh sehingga film ini dinyatakan sebagai box office bomb.

Meskipun begitu, film dari adaptasi game ini tetap diproduksi. Terbukti dengan rilisnya film keduanya pada tahun 2005 dengan judul “Final Fantasy VII: Advent Children”. Berbeda dengan film pertamanya, film kedua ini berhasil meraih kesuksesan dengan beberapa award yang berhasil diraih, di antaranya Honorary Maria Award (Sitges Film Festival 2005) dan Best Anime Feature (American Anime Award).

Dan yang terakhir rilis yaitu “Kingsglaive: Final Fantasy XV” pada tahun 2016. Meskipun memiliki keterbatasan dalam penayangan di bioskop Amerika Serikat, tetapi film ini berhasil meraih kesuksesan. Bahkan di China, film ini berhasil meraih posisi 4 untuk film dengan pendapatan terbanyak dalam minggu saat penayangannya. Ketika home video-nya dirilis, film ini menempati posisi top 20 best selling DVD dan Blu-ray.

  • Angry birds

angry birds

Angry birds merupakan game sederhana yang terkenal beberapa waktu lalu. Berbeda dengan kedua film yang dibahas sebelumnya, film ini merupakan film komedi mengenai tokoh-tokoh dalam game ini. Meskipun film ini merupakan adaptasi dari game sederhana, tetapi budget yang dikeluarkan oleh Sony picture films tidaklah sedikit. Total budget yang dikeluarkan mencapai sekitar US$ 700juta (US$ 300juta promosi dan US$ 400juta produksi). Bahkan untuk meraih kesuksesan, Sony pictures film menggandeng beberapa brand terkenal untuk mempromosikannya, seperti McDonald’s, Panasonic, dan sebagainya. Usaha tersebut tidak sia-sia, karena film ini berhasil menjadi film terlaris kedua di dunia setelah warcraft.

Di antara ketiga film di atas, apakah ada yang menjadi favoritmu? Atau tertarik untuk kamu tonton saat ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *