Yuk, Buat Itinerary Untuk Perjalanan Wisatamu

Apa kamu suka berwisata? Kalau iya, wisata seperti apa yang kamu sukai? Apakah wisata domestik ataukah ke luar negeri? Beberapa orang mungkin akan lebih memilih wisata ke luar negeri dengan berbagai alasan. Sementara untuk yang tidak suka ribet, mungkin akan lebih memilih wisata domestik. Sebab wisata ini tidak membutuhkan berbagai dokumen, seperti paspor, visa, asuransi perjalanan ke Eropa (untuk yang bertujuan ke negara di Eropa, dan berbagai dokumen lainnya.

itinerary wisata
Source: eoelink

Sebenarnya baik wisata domestik maupun wisata internasional bukanlah masalah yang penting kamu menikmati wisata tersebut. Namun terkadang persiapan yang tidak matang membuatmu tidak bisa menikmatinya seperti salah memilih penginapan karena tidak mengecek panduan memilih hotel untuk menginap bersama anak dan keluarga, tidak membuat itinerary sehingga mengakibatkan perjalanan pun menjadi terganggu.

Yap, banyak wisatawan yang merasa bahwa itinerary tidak penting dan bisa mengaturnya nanti saat sudah sampai di sana. Padahal hal ini sangat penting loh dan berikut ini manfaatnya:

  • Kegiatan jadi lebih teratur
  • Menghemat waktu
  • Sebagai perkiraan biaya yang dibutuhkan

Namun untuk bisa mendapatkan berbagai manfaat tersebut, kamu juga tidak boleh asal saja dalam membuat itinerary. Setidaknya dalam itinerary kamu harus ada beberapa poin berikut ini:

  • Jadwal perjalanan

Tanggal berapa kamu sampai dan akan tinggal berapa lama di daerah wisata tujuanmu? Jika kamu hanya berwisata 1 hari, mungkin hal ini tidak diperlukan. Namun jika kamu akan berwisata ke satu daerah hingga beberapa hari, maka hal ini sangat penting.

  • Lokasi wisata

Berkaitan dengan poin pertama. Kamu harus mendata lokasi wisata apa saja yang ingin kamu kunjungi. Pilihlah terlebih dahulu lokasi wisata yang paling membuatmu penasaran, kemudian lokasi wisata yang cukup terkenal. Jangan terlalu banyak memilih lokasi wisata terutama jika memang waktumu terbatas.

  • Rute transportasi

Setelah menentukan lokasi wisata, kamu harus menentukan rute transportsi. Kumpulkan semua tempat wisata yang jaraknya tidak terlalu jauh dan kemudian kamu bisa mengatur rutenya. Jika kamu pergi dengan kendaraan pribadi, cobalah cari info jalan yang termudah dan aman untuk menuju ke semua tempat itu. Sementara itu jika kamu pergi dengan kendaraan umum, cobalah cari info jenis kendaraan umum yang digunakan dan juga berapa tarifnya.

  • Biaya

Biaya yang harus kamu perhitungkan tidak hanya transportasi dan penginapan saja, tetapi juga biaya makan selama di sana. Mungkin kamu tidak bisa memberikan nilai pasti, namun kamu bisa menghitung perkiraan kasarnya saja. Termasuk juga biaya tiket untuk masuk ke tempat wisata.

Nah, sudah tahu kan pentingnya itinerary? Jadi jangan lupa membuatnya sebelum pergi berwisata ya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *