alpukat untuk menurunkan kolesterol

Yakin Alpukat Adalah Buah yang Tidak Sehat?

Banyak yang menyarankan penderita kolesterol tinggi untuk mengonsumsi buah secara rutin sebagai cara menurunkan kolesterol secara alami. Namun di antara banyaknya jenis buah yang disarankan, alpukat sering kali tidak termasuk di dalamnya. Alasannya? Karena alpukat adalah buah yang mengandung banyak lemak sehingga dianggap tidak sehat.

alpukat untuk menurunkan kolesterol
Source: bbcgoodfood

Namun benarkah demikian?

Jawabannya adalah benar dan salah. Maksudnya, alpukat memang mengandung lemak namun bukan lemak jahat melainkan lemak baik. Sehingga seharusnya tidak perlu dihindari tapi justru disarankan untuk dikonsumsi secara rutin. Nah, supaya kamu tidak lagi takut dengan buah berlemak ini, yuk kita bahas apa saja sih kandungan yang ada di dalamnya dan juga manfaatnya:

  • Lemak

Alpukat memiliki kadar lemak yang cukup tinggi, namun lemak yang terkandung adalah lemak baik atau lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

  • Potasium

Potasium sangat bermanfaat untuk metabolisme tubuh. Beberapa fungsinya menurut alodokter yaitu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, membangun protein, menjaga berbagai organ tubuh agar dapat berfungsi normal.

  • Asam folat

Asam folat tidak hanya dibutuhkan oleh wanita yang sedang hamil saja, tetapi juga oleh siapapun. Bahkan dengan terpenuhinya kebutuhan asam folat dapat menurunkan risiko seorang wanita menderita kanker payudara dan kanker serviks. Sementara secara umum asam folat juga mampu melindungi Anda dari risiko terkena kanker lainnya. Hal ini diperkitrakan terkait dengan fungsinya dalam mencegah mutasi dalam susunan DNA dan RNA.

  • Vitamin K

Setengah buah alpukat mampu memenuhi 25% kebutuhan vitamin K dalam tubuh. Vitamin K sendiri sangat bermanfaat untuk bantu meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi pengeluaran kalsium melalui urine. Dengan begitu akan berdampak baik pada kesehatan tulang.

  • Lutein

Lutein merupakan nutrisi penting yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Selain lutein, di dalam alpukat juga mengandung zeaxanthin yang memiliki manfaat penting juga untuk kesehatan mata. Dengan konsumsi rutin, dapat membantu mengurangi risiko Anda mengalami kerusakan mata.

Selain beberapa kandungan di atas, alpukat juga tidak mengandung terlalu banyak kadar gula. Sehingga tetap aman dikonsumsi oleh Anda yang menderita diabetes sekalipun. Meskipun begitu, bukan berarti Anda boleh mengonsumsinya secara berlebihan ya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *