Waspadai Obesitas Pada Ibu Hamil

Obesitas adalah hal yang wajib diwaspadai karena dapat menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit. Pada saat seseorang mengalami obesitas yang cukup parah, pada umumnya dokter akan menyarankan orang tersebut melakukan diet dengan pengawasan ahli gizi. Namun jika obesitas dialami oleh ibu hamil, masih banyak yang ragu mengenai boleh atau tidak ibu hamil diet? Alasannya mereka takut jika melakukan diet maka kebutuhan nutrisi selama kehamilan tidak terpenuhi.

wanita hamil
Source: en.netralnews

Sebenarnya melakukan diet boleh saja, asalkan Anda melakukannya dengan pengawasan dokter kandungan. Sebab jika kondisi obesitas yang Anda alami dibiarkan begitu saja, maka akan meningkatkan risiko beberapa hal berikut ini:

  • Preeklampsia

Preeklampsia adalah sebuah masalah kehamilan yang ditandai dengan tingginya tekanan darah dan tingginya kandungan protein dalam urin. Kondisi ini terjadi akibat tidak sempurnanya pembentukan plasenta yang menjadi jalan untuk suplai darah, oksigen, dan nutrisi ke dalam janin. Dengan terputusnya suplai semua hal yang dibutuhkan janin, maka janin tidak akan mampu berkembang dengan baik. Preeklampsia dalam tingkat yang cukup parah tidak bisa diobati, kecuali dengan melakukan persalinan secepatnya. Selain itu, preeklampsia yang tidak tertangani dengan baik juga bisa berkembang menjadi eklampsia yang dapat menyebabkan Anda mengalami kejang, koma, hingga kematian sebelum ataupun sesudah melahirkan.

  • Diabetes gestasional

Untuk Anda para ibu hamil, sebaiknya kenali fakta tentang diabetes gestasional dan kehamilan. Diabetes ini adalah jenis diabetes yang umumnya bersifat sementara dan terjadi hanya pada masa kehamilan. Artinya, ketika Anda sudah melahirkan, kadar gula dalam darah akan kembali lancar. Meskipun begitu, bukan berarti Anda bisa merasa tenang. Sebab meskipun cukup jarang terjadi, pada beberapa ibu hamil diabetes gestasional ini berkembang menjadi diabetes tipe 2 dan bersifat permanen. Itulah sebabnya, ketika Anda mengalami diabetes gestasional, Anda harus mampu mengatasinya dengan cara yang tepat agar penyakit ini tidak berkembang.

  • Obesitas pada bayi

Seorang anak yang lahir dari ibu yang mengalami obesitas pada masa kehamilan, akan berisiko tinggi mengalami obesitas juga saat dewasa. Dan akan sulit bagi sang anak nanti untuk membuat berat badannya ideal. Tentunya Anda tidak mau dong menurunkan sebuah penyakit berbahaya pada sang buah hati?

Selain dari ketiga risiko di atas, obesitas juga bisa menghapus impian Anda untuk melahirkan secara normal. Sebab demi keamanan dan keselamatan Anda maupun bayi yang dilahirkan, dokter cenderung memilih persalinan secara operasi caesar untuk ibu hamil yang mengalami obesitas.

Nah, banyak sekali kan risikonya? Jadi, perhatikan berat badan Anda selama kehamilan, dan cobalah untuk mempertahankan kenaikannya agar tetap dalam batas wajar. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *