Waspadai Istilah Ini Pada Kredit

Kredit seolah menjadi satu hal yang tidak bisa lepas dari gaya hidup masyarakat saat ini. Tidak hanya kredit yang melibatkan lembaga keuangan saja, seperti kartu kredit, kredit kendaraan bermotor, kredit pemilikan rumah dan berbagai kredit lainnya, tetapi juga kredit yang hanya dilakukan secara perorangan dalam jumlah tidak terlalu besar seperti kredit pembelian alat masak. Pemikiran bahwa membeli sesuatu dengan kredit lebih mudah dibanding dengan pembelian secara cash menjadi alasannya. Sebab, dengan kredit ini Anda bisa membayar dengan jumlah lebih kecil sesuai dengan nominal cicilan yang telah disepakati, jadi terasa tidak memberatkan.

Kredit
Source: establishcredit.info

Memang, kredit ini terlihat menguntungkan, namun Anda juga harus berhati-hati, khususnya pada kredit melalui lembaga keuangan. Sebab, ada beberapa istilah dalam dunia kredit yang terkadang jarang dijelaskan namun sebenarnya merugikan Anda, antara lain:

  • Floating rate

Ketika dijelaskan mengenai jenis suku bunga yan digunakan untuk perhitungan, mungkin ada yang akan menggunakan sistem floating rate. Sistem ini artinya suku bunga akan selalu mengikuti suku bunga SBI (SBI rates), sehingga disebut floating atau mengambang. Artinya, suku bunga ini akan naik dan turun sesuai dengan suku bunga SBI. Namun, biasanya sales hanya terfokus untuk menjelaskan keuntungannya, yaitu suku bunga bisa mengalami penurunan jika suku bungan SBI mengalami penurunan. Namun, hanya sepintas saja membahas bahwa secara otomatis suku bunga juga bisa naik jika suku bunga SBI mengalami kenaikan. Itulah sebabnya, banyak yang terjebak dengan sistem perhitungan ini.

  • Penalti

Kredit juga bisa kena penalti, loh. Hal ini terjadi, ketika Anda melunasi hutang lebih awal dari masa pinjaman yang telah disepakati. Memang, Anda juga akan diberikan diskon sebagai tanda terimakasih lembaga peminjam kepada Anda yang telah melunasi lebih awal. Namun, nilai diskon ini tidak sebanding, dan justru jauh lebih kecil daripada nilai penalti.

  • Cash back

Tidak semua cash back ini menipu, sebab ada juga beberapa cash back yang memang memberikan Anda keuntungan. Namun, sebelum Anda memanfaatkan promo cash back ini, sebaiknya Anda mencari info terlebih dahulu mengenai semua syarat dan ketentuannya. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari kerugian akibat promo cash back yang menipu.

  • Minimum payment

Hati-hati dengan istilah ini, karena bisa membuat total pinjaman Anda semakin membengkak. Minimum payment artinya, Anda diizinkan untuk membayar cicilan dengan nilai yang tidak terlalu besar. Beberapa orang menganggap fitur ini menguntungkan, karena tidak memberatkan Anda dalam membayar cicilan setiap bulannya. Akan tetapi, sisa cicilan Anda akan terus membengkak karena terus ditambahkan dengan bunga. Ingatlah selalu, paling lama dan ringan, belum tentu paling murah.

Mengajukan kredit mungkin mudah, namun banyak hal yang harus Anda pahami. Sebab, perhitungan dalam kredit ke lembaga keuangan tidaklah sederhana. (Vita)

Leave a Reply