Waspadai Beberapa Penyebab Kebakaran Ini

Siapa sih yang mau mengalami musibah kebakaran? Semua orang pasti tidak mau mengalaminya. Meskipun sudah mendapatkan perlindungan asuransi kebakaran rumah yang akan menanggung kerugian finansial ketika musibah tersebut benar terjadi, masih ada banyak kerugian lain yang mungkin dialami. Dari kerugian waktu karena harus mengurus berbagai dokumen penting yang ikut hangus akibat musibah tersebut, dampak psikis ataupun fisik akibat menjadi korban kebakaran apalagi jika sampai ada korban dalam musibah tersebut, dan berbagai kerugian lainnya.

rumah kebakaran
Source: fire.mymuzic.us

Sayangnya, meskipun banyak yang tidak mau mengalaminya beberapa orang masih saja lalai dan tetap melakukan beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kebakaran, seperti:

  • Membiarkan listrik menyala meskipun tidak menggunakannya. Biasanya hal ini dilakukan pada listrik yang dianggap tidak terlalu berbahaya karena hanya mengandung aliran listrik bertegangan rendah. Misalnya seperti membiarkan saja kabel charger tetap terhubung pada listrik meskipun sudah selesai mengisi ulang baterai ponsel.
  • Menyalakan sumber api dekat berbagai benda mudah terbakar. Hal ini umumnya terjadi pada saat mati listrik. Sebab pada saat tersebut orang akan menyalakan lilin sebagai sumber penerangan. Banyak orang yang menyadari bahayanya sehingga berusaha menjauhkan lilin ini dari berbagai benda yang mudah terbakar. Akan tetapi cukup banyak juga yang meletakkannya dekat kain, kertas, atau bahan mudah terbakar lainnya.
  • Memasak sambil melakukan berbagai aktivitas lain. Cukup banyak orang yang memasak dan sambil menunggu masakannya matang, melakukan berbagai hal lainnya. Sayangnya karena terlalu fokus melakukan pekerjaan lainnya membuat Anda lupa dengan masakan Anda. Hal ini sangat berbahaya karena suhu masakan yang terlalu panas dapat berisiko menyebabkan terjaduinya kebakaran.
  • Merokok dan membuang puntung rokok yang masih menyala secara sembarangan. Kebiasaan yang sering dilakukan di luar rumah ini terkadang terbawa hingga ke rumah. Membuang puntung rokok yang masih menyala ke dalam tempat sampah, padahal tempat sampah termasuk benda yang mudah terbakar dan sampah di dalamnya juga mungkin mengandung hal yang mudah terbakar.
  • Penggunaan kabel yang tidak sesuai dengan kapasitasnya, atau kabel yang telah terkelupas. Kondisi ini akan semakin meningkatkan kemungkinan terjadinya korsleting listrik yang berujung pada kebakaran.

Beberapa kebiasaan di atas merupakan berbagai penyebab kebakaran yang bisa dicegah. Dengan menghindari berbagai hal tersebut, maka Anda sudah bisa melindungi rumah dari kebakaran serta merupakan salah satu langkah penting untuk menyelamatkan diri dari bencana kebakaran tersebut. (Vita)

1 thought on “Waspadai Beberapa Penyebab Kebakaran Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *