Waspada Terhadap Penyebab Kebakaran Ini

Musibah kebakaran bisa terjadi kapanpun dan menimpa siapapun. Dan akibat musibah ini, tidak sedikit kerugian yang akan diderita. Sebab, yang hilang tidak hanya rumah saja, tetapi juga seluruh harta benda yang ada di dalamnya, seperti kendaraan, surat-surat berharga, dan berbagai benda penting lainnya. Sebab itulah, banyak orang yang memutuskan menggunakan asuransi kebakaran untuk meminimalisasi kerugian yang diderita akibat musibah ini, dan berusaha memahami prosedur pengajuan klaim asuransi kebakaran ini.Kebakaran

Meskipun begitu, bukan berarti kita siap dalam menghadapi musibah ini. Sebab, dalam musibah ini tidak hanya materi saja yang menjadi korbannya, tetapi juga jiwa. Seringkali, dalam sebuah musibah kebakaran ada yang menjadi korban jiwa karena tidak mampu untuk menyelamatkan diri. Inilah mengapa, meskipun sudah melindungi rumahnya dengan asuransi kebakaran, musibah ini tetap menjadi sebuah musibah yang ditakuti. Sebab, materi bisa diganti, namun tidak dengan nyawa seseorang.

Mencegah musibah ini agar tidak pernah terjadi adalah hal yang tidak mungkin, akan tetapi dengan mengetahui beberapa penyebab kebakaran setidaknya kita bisa meminimalis risiko terjadinya musibah ini. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

  • Korsleting listrik

Ini merupakan salah satu penyebab kebakaran yang paling umum terjadi. Korsleting listrik yaitu adanya konduktor positif dan negatif dalam kabel yang saling berhubungan dan mengakibatkan hubungan pendek. Arus yang mengalir didalamnya sangat besar, sehingga menyebabkan energi panas yang dihasilkan sangatlah besar. Pada beberapa rumah, ketika korsleting listrik ini terjaadi, maka listrik akan otomatis mati. Namun tidak semua rumah seperti ini. Sebab, ada juga yang justru terus mengalir hingga akhirnya panas pada kabel ini memicu timbulnya api yang dapat membakar benda di sekitarnya hingga menyebabkan kebakaran hebat. Korsleting listrik ini terjadi, umumnya disebabkan karena pemasangan atau instalasi yang dilakukan pada listrik rumah kurang tepat. Sebab itulah, akan lebih baik jika masalah instalasi ini diserahkan kepada ahlinya, agar tidak terjadi masalah ini.

  • Kebocoran gas

Sebenarnya, tanpa adanya kebakaranpun masalah kebocoran gas ini sudah sangat berbahaya. Sebab, gas yang dimaksud di sini adalah gas yang mudah terbakar seperti gaas yang ada dalam tabung elpiji, dan akan sangat membahayak kesehatan bila terhirup dalam jumlah banyak. Seperti yang sudah disampaikan, gas ini mudah terbakar. Artinya, pada saat ada kebocoran gas dan kita menyalakan api, meskipun kecil, maka dapat menyebabkan terjadinya kebakaran. Sebab itulah, jika merasa adanya bau gas yang tercium dalam rumah, ada baiknya segera bawa tabung tersebut ke luar rumah dan jauhkan tabung tersebut dari apapun yang menimbulkan panas, khususnya api.

  • Sumber api

Apa maksudnya sumber api? Maksudnya adalah, puntung rokok yang dibuang sembarangan saat masih menyala, lilin yang terjatuh dan terkena benda mudah terbakar saan dalam kondisi menyala, dan berbagai penyebab kebakaran yang disebabkan karena sumber api secara langsung. Cara mencegahnya? Tidak sulit, yaitu dengan lebih waspada dalam memperhatikan sumber api yang ada disekeliling kita. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *