Vitamin yang Dibutuhkan Ibu Hamil dan Fungsinya

Ada banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil selama masa kehamilan, termasuk berbagai vitamin. Itulah sebabnya, demi memenuhi kebutuhan vitamin untuk ibu hamil ini, mereka akan lebih mengatur pola menu makanan yang dikonsumsinya, dan juga mengonsumsi vitamin yang biasanya diresepkan oleh dokternya. Harapannya, dengan memenuhi semua ini, maka proses kehamilan akan berlangsung dengan lancar tanpa kendala dan bayi dapat lahir dengan selamat dan sehat.

Vitamin untuk ibu hamil
Source: statistic brain

Lalu, apa saja ya vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil?

  • Vitamin A

Vitamin ini berfungsi untuk membantu proses perkembangan tulang dan gigi. Tidak hanya itu, pada ibu hamil yang mengalami kekurangan gizi, terpenuhinya vitamin ini dapat membantu mengurangi masalah yang mungkin terjadi pada masa kwhamilan. Vitamin A juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil pada masa trimester pertama kehamilan. Kekurangan vitamin ini, dapat menyebabkan ibu hamil mengalami xeroftalmia, meningkatkan risiko anemia, dan menghambat pertumbuhan bayi.

  • Vitamin B

Untuk vitamin B, yang dibutuhkan ada beberapa jenis, yaitu:

  1. Vitamin B1: Untuk meningkatkan energi, mengatur sistem saraf, meminimalisir morning sickness, dan melancarkan pencernaan.
  2. Vitamin B2: Untuk membantu perkembangan janin pada minggu pertama, membantu mengurai sari makanan menjadi sari makanan yang dibutuhkan oleh janin, mempertahankan kulit sehat, membantu kesehatan penglihatan dan meningkatkan energi.
  3. Vitamin B3: Untuk membantu saraf, pencernaan, menjaga kesehatan kulit, mengurangi mual dan muntah, serta membantu proses pembentukan sel otak janin.
  4. Vitamin B5: Untuk memelihara sel darah merah selama masa kehamilan.
  5. Vitamin B6: Untuk membantu mengatasi morning sickness, meningkatkan kekebalan tubuh, membantu perkembangan otak bayi dan membantu membentuk sel darah merah.
  6. Vitamin B9: Untuk membantu mencegah NTD (Neural Tube Defects), mencegah terjadinya kelainan pada ibu dan bayi dan mendukung plasenta.
  7. Vitamin B12: Untuk membantu membentuk sistem saraf pusat janin dan membentuk sel darah merah.
  • Vitamin C

Vitamin ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan ibu, sekaligus membantu proses penyerapan zat besi dalam tubuh yang penting untuk mengurangi risiko ibu mengalami anemia. Jika ngomong vitamin C pasti keingat Jeruk. Namun selain jeruk, buah lain yang mengandung Vitamin C masih banyak seperti jambu biji, apel dan lainnya.

  • Vitamin D

Vitamin ini berfungsi untuk mengurangi risiko ibu hamil mengalami hipertensi dan diabetes. Selain itu, dapat berfungsi juga untuk mengani masalah kesulitan bernapas yang mungkin dialami bayi, serta meningkatkan daya tahan ibu. Vitamin ibi juga berfungsi untuk membantu proses pembentukan tulang dan gigi.

  • Vitamin E

Vitamin ini dikenal sebagai antioksidan yang kuat, sehingga penting untuk melaksanakan fungsi vita tubuh. Berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu, melebarkan pembuluh darah dan menjaga kualitas sel kulit ibu yang merenggang akibat pelebaran janin.

  • Vitamin K

Vitamin ini berfungsi untuk menjaga asam lemak yang dibutuhkan janin, membantu proses pembentukan darah pada ibu hamil, mengobati masalah pembekuan darah, dan membantu mencegah terjadinya pendarahan neonatal pada bayi yang baru lahir. (Vita)

Leave a Reply