Uniknya Rumah Transparan di Jepang

Pernah nggak sih kamu berpikir untuk tinggal di properti Indonesia yang terbuat dari kaca? Mungkin tidak banyak yang pernah memikirkannya. Apalagi, dengan kondisi keamanan di Indonesia yang terbilang sangat kurang, membuat rumah yang mayoritas terbuat dari kaca akan sangat berbahahaya. Kecuali, jika kamu membuatnya dengan sebuah kaca khusus yang tidak mudah pecah, barulah rumah ini bisa tetap aman. Bukan hanya masalah keamanan saja yang membuat rumah ini sulit diwujudkan, melainkan masalah privacy juga. Dengan rumah yang terbuat dari kaca, artinya apapun yang kita lakukan atau miliki akan langsung terlihat oleh orang sekitar. Tentunya, tidak membuat kita merasa nyaman kan?

Namun ternyata, ada loh orang yang justru malah meminta untuk dibuatkan sebuah rumah transparan yang sebagian besar materialnya terbuat dari kaca. Pasangan muda yang berasal dari Jepang ini, mengajukan permintaan khusus kepada arsitek yang mendesain rumahnya, Sou Fujimoto Architecs, untuk dibuatkan sebuah rumah kaca, atau transparent house.

Rumah transparan
Design by Sou Fujimoto Architects | Photography by Iwan Baan

Rumah ini berlokasi disebuah jalan kecil yang sangat hidup dan merupakan bagian dari kota Tokyo, dan diberi nama House NA. Seluruh bagian dindingnya diganti dengan kaca transparan, sesuai dengan konsep dari rumah ini. Lalu, bagaimana dengan kamar mandinya? Pasti banyak kan yang bertanya demikian? Yap, sesuai perkiraan, kamar mandi pada rumah inipun memiliki dinding yang terbuah dari kaca. Namun jangan khawatir, sebab dalam rumah ini seluruh bagian kaca dilengkapi dengan gorden. Fungsinya, untuk menjaga privacy pemilik rumah ketika malam hari tiba. Jadi, jika kamu ingin menggunakan kamar mandipun, kamu bisa menutup kaca transparan ini dengan gordennya. Sebab itulah, banyak hal yang dijadikan pertimbangan saat memilih gorden untuk rumah ini, karena hanya gorden saja yang menjadi pembatas privacy pemilik rumah dengan orang luar.

Rumah transparan
Design by Sou Fujimoto Architects | Photography by Iwan Baan

Kelebihan dari rumah ini adalah hemat energi. Sebab, kita tidak perlu menggunakan lampu sama sekali sejak pagi hingga sore hari. Selain itu, beberapa bagian pintu dan jendela rumah ini juga sangat mudah dibuka, sehingga sirkulasi udara mengalir dengan sangat baik. Artinya, kamu tidak akan membutuhkan AC atau pendingin ruangan lainnya.

Rumah transparan
Design by Sou Fujimoto Architects | Photography by Iwan Baan

Bentuk rumah ini sendiri memanjang ke atas. Dan keunikan lainnya yaitu, rumah ini terdiri dari beberapa lantai namun tidak secara penuh. Tidak seperti bangunan lain yang umumnya perpindahan antar lantainya terlihat dengan jelas, pada bangunan ini hal tersebut tidak terjadi. Hmm, mungkin jika diibaratkan lebih terlihat seperti sebuah permainan maze, yang artinya kita harus naik ke lantai yang satu sebelum bisa naik ke lantai yang lain.

Nah, kalau kamu merasa kesulitan membayangkannya, video berikut ini bisa membantumu untuk memberi gambaran tentang rumah ini. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *