Tubuh Keringat Dingin, Kenapa Ya?

Keringat yang muncul pada saat suhu udara sedang tinggi adalah hal yang wajar. Namun, bagaimana jika keringat justru muncul pada saat suhu udara sedang dingin? Selain itu, keringat yang keluar terkadang disertai dengan rasa dingin pada tubuh, atau yang biasa disebut dengan keringat dingin? Jika hal ini yang terjadi, maka Anda patut waspada dan akan lebih baik jika Anda segera memanfaatkan asuransi kesehatan yang bagus milik Anda untuk memeriksakan diri ke dokter. Sebab, keringat dingin yang muncul bisa terjadi akibat beberapa masalah berikut ini:sakit

  • Infeksi

Keringat dingin yang muncul bisa menjadi suatu tanda bahwa tubuh sedang menyiapkan diri untuk melawan sesuatu, seperti serangan virus atau bakteri. Namun, ketika keringat dingin ini disertai dengan demam yang cukup tinggi, denyut nadi yang terlalu cepat, dan juga menggigil, maka ada baiknya jika Anda segera memeriksakan diri ke dokter karena ini artinya tubuh sudah mengalami infeksi. Terlebih lagi, jika kondisi ini disertai dengan hilangnya kesadaran, maka pemeriksaan oleh dokter harus segera dilakukan.

  • Masalah psikis

Cemas, stres, dan takut ternyata juga bisa menyebabkan Anda mengeluarkan keringat meskipun udara sedang dingin. Hal ini bisa terjadi karena pada saat Anda stres, akan terjadi gangguan penyaluran oksigen dalam tubuh, yang memicu keringat dingin. Ketika stres yang Anda alami sudah sampai tahap ini, maka segera konsultasikan pada psikiater untuk mendapatkan bantuan. Sebab, hal ini bisa memicu munculnya berbagai masalah kesehatan lainnya.

  • Reaksi alergi

Keringat dingin juga bisa muncul sebagai reaksi dari alergi yang Anda alami. Bahkan, keringat dingin akibat reaksi alergi ini akan muncul terus menerus dan juga menimbulkan perasaan tidak nyaman. Jika hal ini terjadi pada Anda, segera periksakan diri ke dokter. Sebab, keringat dingin yang keluar menandakan adanya reaksi alergi yang berbahaya bagi tubuh Anda, atau yang biasa disebut dengan anafilaksis.

  • Efek samping obat

Ada beberapa jenis obat yang dapat memicu munculnya keringat dingin pada orang yang meminumnya. Namun, reaksinya bisa berbeda pada setiap orang. Pada satu jenis obat yang sama, bisa saja Anda mengalami keringat dingin setelah mengonsumsi obat tersebut, tetapi tidak pada orang lain. Jika keringat dingin yang keluar masih dalam batas wajar, maka Anda tidak perlu terlalu khawatir. Namun, jika sudah berlebihan dan terasa mengganggu aktivitas, Anda bisa mengonsultasikan pada dokter yang menangani penyakit Anda untuk diresepkan obat lain yang sejenis.

  • Penyakit

Keringat dingin juga bisa menjadi gejala Anda terserang berbagai penyakit, seperti vertigo, gula darah rendah, serangan jantung, dan beberapa penyakit lainnya. Untuk memastikannya, Anda diharapkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika keringat dingin yang Anda alami cukup parah atau terlalu sering.

Hampir semua penyebab yang disebutkan di atas bukanlah hal yang sederhana, sehingga ada baiknya jika Anda tidak mengabaikan masalah keringat dingin ini begitu saja. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *