Trik Untuk Muslim Supaya Gak Kelaparan di Jepang

Banyak muslim yang ingin, namun masih merasa ragu untuk wisata ke Jepang. Alasannya, karena muslim di sana masih minoritas dan cukup sulit mencari kuliner halal di sana. Memang sih, kalau di Indonesia kuliner menjadi salah satu hal yang dijual oleh Bisnis Pariwisata Indonesia untuk semua kalangan, baik muslim maupun non muslim. Jadi nggak akan sulit untuk kamu menemukan makanan khas yang halal sekalipun. Sementara di Jepang, kamu pasti akan kesulitan mencari makan.

ramen naritaya
Halal Ramen Naritaya Osaka

Terus gimana dong? Masa harus puasa?

Ya, gak gitu juga sih karena beberapa wilayah di Jepang sudah mulai menjadi lokasi ramah muslim. Kamu akan lebih mudah mencari masjid atau makanan halal di sana. Akan tetapi, kalau kamu berwisata ke lokasi yang belum ramah muslim, memang agak sulit. Awalnya aku juga sempet ngerasa kesulitan untuk cari makan pas wisata ke Jepang. Tapi setelah beberapa hari, akhirnya aku nemuin beberapa trik yang bisa diterapkan supaya gak kelaparan saat wisata di Jepang.

  1. Cari restoran yang menyediakan 2 menu

Untuk kamu yang memegang prinsip “tidak masalah makan di restoran yang menyediakan menu halal dan haram”, mungkin tidak akan terlalu merasa kesulitan untuk bertahan di Jepang. Sebab ada beberapa restoran atau rumah makan di Jepang yang memiliki konsep seperti ini. Tapi kalau untuk aku pribadi sih, masih ragu jadi secara otomatis hukumnya haram. Jadi selama di Jepang aku nggak pernah masuk ke restoran seperti ini.

  1. Install aplikasi Halal Navi

Sebelum pergi ke Jepang, kamu bisa cari informasi mengenai restoran halal yang ada di lokasi yang akan kamu datangi. Kemarin sih aku cari info dari faebook halal navi, dan instal aplikasinya. Memang sih nggak semua rumah makan yang ada di aplikasi tersebut masih buka. Jadi kalau kamu sudah menemukan restoran yang mau didatangi, kamu bisa cari informasi lebih lanjut tentang restoran itu di google.

  1. Cari makanan halal di Combini

Kalau kamu punya dana terbatas atau malas jalan jauh buat cari restoran, kamu bisa cari makanan halal yang ada di combini (7-11, family mart, lawson). Kamu bisa beli onigiri, atau nasi dan sayur instant yang ada di sana. Untuk nasi dan sayur instant kamu tidak perlu khawatir karena sudah pasti halal. Tapi kamu harus waspada saat memilih onigiri ya. Hindari onigiri yang berisi daging ataupun ayam. Pelajari atau ingat baik-baik kanji dari “pork”, “mirin”, “sake”, dan beberapa lainnya.

Beruntungnya aku pergi ke Jepang bareng temen yang ngerti bahasa jepang dan muslim juga. Jadi untuk masalah makan gak ada masalah. Tapi karena lokasi restoran yang lumayan, jadi aku makan di restoran cukup satu kali deh sehari. Sisanya cari makan di combini. Yang penting tetap makan supaya kegiatan jalan-jalan kamu nggak keganggu karena sakit.

Saran juga, sebaiknya kalau mau makan di restoran jangan yang ada di dalam stasiun, khususnya stasiun Tokyo yang luasnya luar biasa. Karena terlalu luas, bisa-bisa kamu sendiri yang pusing nyari lokasinya. Aku sendiri sempet nyasar dan akhirnya nggak nemu restoran yang mau didatengin. Kecuali kalau kamu sudah tahu lokasi pastinya, ya nggak masalah. hehehe

Selamat jalan-jalan. (Vita)

1 thought on “Trik Untuk Muslim Supaya Gak Kelaparan di Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *