Tips Menggunakan Sake dalam Masakan

Pada umumnya, masyarakat beli bir di Jakarta untuk dinikmati secara langsung, baik sendiri ataupun saat berkumpul bersama orang terdekat. Namun, hal ini akan jarang kita temui ketika berkunjung ke Jepang. Masyarakat di negara ini, umumnya lebih memilih untuk menikmati sake dibandingkan dengan bir. Hal ini wajar, karena sake merupakan minuman beralkohol khas Jefood with sakepang.

Sama seperti minuman beralkohol lainnya, sake dibuat melalui proses fermentasi. Sake sangat terkenal di Jepang, dan bahkan saat ini penjualannya semakin meningkat hingga ke berbagai negara. Penggunaannya sebagai salah satu bahan masakan juga membuat pemasaran sake semakin luas. Jika pada awalnya sake hanya dijadikan sebagai campuran dalam berbagai menu khas Jepang, kini beberapa  chef masakan barat juga mulai mengombinasikan masakan buatannya dengan sake.

Berikut ini adalah beberapa tips dasar bagi yang ingin mencoba untuk mengombinasikan sake ke dalam masakan:

  1. Untuk makanan yang memiliki rasa pedas dan rasa yang cukup kuat, tidak disarankan untuk menggunakan sake.
  2. Gunakan sake yang memiliki kualitas baik, karena akan sangat memengaruhi rasa masakan. Untuk makanan berbahan halus dan segar seperti fresh seafood, lebih baik gunakan sake yang memiliki memiliki rasa manis yang ringan (tidak terlalu kuat).
  3. Setiap sake memiliki rasa yang berbeda, meskipun labelnya tidak mencantumkan perbedaan antara satu sake dengan yang lain. Karena itulah, kita harus mencicipi terlebih dahulu untuk mengetahui jenis sake mana yang paling sesuai dengan masakan yang akan dibuat.
  4. Meskipun menggunakan bumbu dan sake dengan jenis yang sama, rasa yang dihasilkan dalam masakan tertentu mungkin saja akan berbeda, tergantung dari cara penyimpanan sake dan jumlah sake yang digunakan dalam masakan tersebut.
  5. Perubahan temperatur akan memengaruhi rasa sake, yang akhirnya akan berpengaruh pada masakan. Karena itulah, perhatikan dengan baik temperatur tempat penyimpanan sake.
  6. Kita bisa berkreasi dan mengatur jumlah sake yang digunakan sesuai dengan selera kita. Namun, sebaiknya gunakan sake secukupnya.
  7. Jangan membatasi kreasi dengan menggunakan sake hanya pada masakan Jepang saja. Tidak ada salahnya jika mencoba untuk mengombinasi sake ke dalam masakan lokal daerah kita sendiri.

Nah, berdasarkan berbagai tips di atas, siap untuk mengkreasikan masakan dengan sake? (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *