Tips Memilih Saxophone Bagi Pemula

Main gitar udah biasa, piano juga. Main alat musik apa ya yang lebih menantang? Kalau kamu sedang kebingungan alat musik apa yang seru untuk dipelajari selain gitar atau piano, kenapa nggak mencoba bermain saxophone. Tenang, mencari alat musik ini nggak sulit kok. Kamu haTips Memilih Saxophone Bagi Pemulanya perlu bermain ke toko alat musik yang ada di dekat rumah, dan kamupun bisa membawa pulang alat musik ini. Hanya saja, siapkan budget yang cukup ya, sebab alat ini harganya tidak bisa dibilang murah.

Nah, mengingat harganya yang tidak murah, tentunya sayang dong kalau kamu tanpa sengaja salah membeli? Pada akhirnya justru malah bisa menyusahkanmu dan akhirnya malah membuatmu tidak lagi ingin belajar memainkannya. Agar hal ini tidak terjadi, perhatikan beberapa hal berikut ini ya, khususnya untuk kamu yang masih pemula:

  • Jenis

Secara umum terdapat 4 jenis saxophone berdasarkan jenis suara yang dihasilkan, yaitu alto, tenor, bariton dan sopran. Namun, untuk pemula sangat disarankan jika menggunakan saxophone alto. Hal inipun berlaku bagi anak kecil yang ingin belajar memainkan alat musik ini. Saxophone alto tidak membutuhkan udara dalam jumlah yang banyak saat dimainkan, jadi sangat cocok untuk pemula. Selain itu, letak notnya juga berdekatan, jadi lebih terasa nyaman dimainkan untuk anak-anak yang tangannya cenderung masih kecil.

  • Ukuran

Sebelum memutuskan untuk membeli saxophone, cobalah untuk pura-pura memainkannya saat masih di toko alat musik. Tidak perlu benar-benar meniupnya, kamu cukup memainkan notnya saja. Pilihlah ukuran saxophone yang paling nyaman saat dimainkan.

  • Jenis musik

Berbeda dengan gitar yang bisa digunakan untuk memainkan beragam jenis musik, untuk saxophone ini kamu harus menyesuaikan saxophone yang dibeli dengan jenis musik yang ingin kamu mainkan. Jadi, tentukan dulu jenis musik yang ingin dipelajari, barulah menentukan jenis saxophone yang ingin kamu beli.

  • Kualitas

Berhati-hatilah dalam memilih kualitas saxophone, sebab alat musik ini termasuk kategori alat musik yang sangat sensitif. Kesalahan sedikit saja, dapat membuat suara yang dihasilkan menjadi tidak sempurna.

  • Reed

Reed adalah sebuah bambu kecil dalam saxophone yang berfungsi untuk mengeluarkan bunyi. Dalam setiap saxophone, pasti sudah ada reed. Namun, banyak yang memutuskan untuk menggantinya dengan reed yang dibeli secara terpisah. Kamu bisa membeli reed dengan berbagai ukuran nomor, dan kemudian cobalah untuk memainkannya. Carilah ukuran reed yang menurutmu paling nyaman untuk digunakan.

Jadi, siap untuk membeli saxophone dan mulai belajar memainkannya? (Vita)

Leave a Reply