Tips Belanja Sembako dengan Memanfaatkan Promo Ramadhan

Makanan merupakan pengeluaran rumah tangga terbesar. Tapi, walaupun bagaimanapun juga kita membutuhkan makanan setiap hari. Jadilah, kita harus memenuhinya. Terlebih saat ramadhan ini yang mana rasanya ingin sahur dan buka dengan makanan yang enak-enak. Tidak hanya enak, kita harus memikirkan kesehatan. Harga sembako yang serba naik akan membuat anggaran belanja melonjak tinggi, sehingga pengeluaran ramadhan bertambah.

Sudah umum saat ramadhan banyak orang yang ingin berbagi kebaikan begitu pula minimarket, supermarket dan toko online. Mereka menawarkan promo paket sembako besar-besaran. Promo tersebut bisa berupa diskon atau dalam bentuk voucher. Berikut ini cara memanfaatkan promo paket sembako!

Tips Belanja Sembako

Rencanakan dulu makanan yang ingin anda beli

Sebelum memanfaatkan promo paket sembako, ketahuilah makanan atau bahan-bahan kebutuhan pokok yang anda perlukan. Kalau perlu dicatat, kemudian kelompokkan mana yang lebih penting dan tidak. Setelah itu, baru cocokkan promo dengan bahan-bahan sembako yang harus anda beli. Pastikan paket sembako mencakup sebagian besar bahan yang anda butuhkan.

Bandingkan harga

Sebelum memilih paket sembako, anda harus membandingkan dulu harga per satuannya. Jika memang beda jauh dari harga asli, boleh dibeli saja. Tapi, kalau beda tipis dan tidak mencakup sebagian besar bahan makanan yang anda butuhkan, lebih baik urungkan niat anda untuk membelinya. Jangan asal ambil saja saat promo. Pertimbangkan dulu secara matang agar tidak rugi.

Perhatikan tanggal kadaluarsa

Untuk bahan-bahan makanan, pastikan anda memperhatikan tanggal kadaluarsa. Jangan sampai anda membeli produk kadaluarsa. Kemasan paketan bisa mengalihkan perhatian anda dari tanggal kadaluarsa. Cobalah untuk lebih teliti agar tidak rugi. Pernahkan anda mendengar, beberapa toko menjual paket sembako dengan tanggal yang sudah batas tidak boleh konsumsi.

Atau terkadang adapula yang mendekati tanggal kadaluarsa. Kalau anda menggunakannya sebelum tanggal kadaluarsa tidaklah apa-apa mengambilnya, tapi kalau diperkirakan lewat tanggal jangan diambil. Jika tidak ingin promo paket sembako diwarnai dengan penipuan produk, belilah di toko yang berkualitas dan menjamin produknya seperti di Lotte Mart.

Cara mendapatkan promo tersebut

Kadang-kadang sebagian toko memberikan aturan tersendiri dalam memberikan promo paket sembako. Misalnya dengan memberikan kupon, lalu baru bisa mengambil paket sembako dengan harga murah. Jika menurut anda cara ini tidak efektif dan dapat mengganggu aktivitas harian, lebih baik jangan beli. Biasanya paling mudah adalah memanfaatkan promo dari toko online. Selain berupa diskon, juga dalam bentuk voucher. Tidak perlu antree untuk mendapatkannya. Bahkan anda pun tak berat membawanya ke rumah. Setelah membayar cukup menunggu, barang akan diantarkan sampai rumah.

Perhatikan penggunaan promo

Mungkin ada suatu promo yang menyatakan anda harus belanja sekian agar bisa menebus produk ini seharga sekian. Jika belanjaan banyak dan jumlahnya bisa 3 kali dari total belanja yang ditentukan, lebih baik bagi dalam 3 pembayaran. Sehingga, anda bisa menebus produk dengan harga murah sebanyak 3 pcs. Berbeda bila anda hanya menjadikan satu pembayaran, mungkin hanya bisa menebus 1 pcs produk saja. Cermati baik-baik pernyataan tentang promo Ramadhan paket sembako. Bila kurang jelas, tanyakan kepada penjaga toko. Atau jika membeli secara online, baca berulang-ulang tentang promo tersebut. Setelah mengerti, barulah berbelanja.

Jika anda tidak bijak dalam menyikapi promo paket sembako saat ramadhan dan lebaran, justru dapat lebih boros. Sebab, anda pikir itu sangat murah, kapanlagi bisa belanja semurah itu. padahal yang murah itu tidak memenuhi kebutuhan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *