Tetap Aman Saat Memotong Pipa

Memotong pipa terllihat seperti sebuah pekerjaan yang mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Padahal meskipun terlihat gampang, pekerjaan ini ternyata tidak bisa dilakukan oleh semua orang loh. Mungkin saja, kamu bisa melakukannya. Tapi karena tidak memperhatikan beberapa hal saat memotong pipa, akibatnya hasil pipa yang dipotong menjadi kurang bagus dan tidak bisa digunakan. Atau yang lebih parahnya lagi, kamu malah mengalami kecelakaan kerja saat melakukan hal ini.

memotong pipa
Source: exacttools

Kecelakaan kerja adalah hal yang sangat dihindari saat melakukan hal ini. Sebab pada saat memotong pipa, kamu akan berurusan dengan benda yang sangat tajam seperti miter saw untuk memotong pipa. Alat ini merupakan alat yang menggabungkan plate dengan gergaji mesin dan bisa memotong benda keras hanya dalam hitungan sepersekian detik. Jadi, bisa terbayang dong bagaimana nasib kamu jika sampai gergaji ini mengenai bagian tubuhmu?

Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan kok agar tetap aman saat memotong pipa, diantaranya:

  • Gunakan sarung tangan

Sarung tangan mungkin tidak bisa melindungi tanganmu dari cedera jika terkena gergaji, namun ini penting untuk melindungi tanganmu dari alergi terutama untuk kulit yang sensitif. Sebab pada beberapa orang, serpihan yang muncul pada saat pipa dipotong bisa menimbulkan alergi atau rasa gatal. Sehingga akan lebih aman jika kamu bekerja menggunakan sarung tangan.

  • Gunakan pelindung mata

Sama halnya dengan sarung tangan, pelindung mata ini juga digunakan untuk melindungi bagian mata dari serpihan yang timbul saat proses pemotongan. Sebab jika mata tidak dilindungi bisa menyebabkan mata mengalami iritasi ketika serpihan ini masuk ke mata. Sehingga sangat penting untuk dilindungi.

  • Pelajari caranya

Baik memotong menggunakan miter saw maupun memotong menggunakan alat lainnya, kamu tetap harus mempelajari bagaimana caranya. Apa yang harus dan tidak boleh dilakukan. Hal ini mungkin terlihat tidak penting, namun terkadang kesalahan kecil akibat ketidaktahuan bisa menyebabkanmu mengalami kecelakaan.

  • Konsentrasi

Kamu akan menggunakan benda tajam, jadi jelas kamu harus berkonsentrasi penuh saat menggunakannya. Hindari melakukan berbagai hal yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja seperti becanda saat sedang bekerja atau melakukan hal apapun yang dapat mengganggu konsentrasi.

Setelah mengetahui keempat hal tersebut, kamu bisa mencoba untuk belajar untuk memotong pipa. Jangan takut melakukan kesalahan saat masih baru belajar. Coba terus dan tetap perhatikan keempat hal di atas agar tetap aman dan selamat saat melakukan ini. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *