Tempat Penyimpanan Data Apa yang Paling Bagus ya?

Untuk kamu yang sebelumnya sudah membaca berbagai kelebihan berbagai tempat penyimpanan data, mungkin masih bingung. Jadi, tempat penyimpanan data apa yang paling bagus dan tepat untuk digunakan. Setiap jenis memiliki kelebihan, dan jika dilihat dari segi raktis dan mudahnya, menggunakan jasa cloud provider Indonesia merupakan pilihan yang paling tepat. Akan tetapi, benarkah seperti itu? Hmm… sebaiknya kamu berpikir ulang sebelum memutuskannya, karena meskipun menyimpan data dalam cloud ini terbilang sangat praktis, bukan berarti tanpa kelemahan. Tidak hanya cloud saja, semua jenis penyimpanan data ini ternyata memiliki kelemahan.Tempat Penyimpanan Data Apa yang Paling Bagus ya

Untuk mempermudahmu dalam menentukan media penyimpanan data yang paling tepat dan sesuai untukmu, akan lebih baik jika kamu tidak hanya mengetahui kelebihannya saja, tetapi juga kekurangannya. Nah, berikut ini adalah beberapa diataranya:

  • Cloud Storage

Meskipun praktis karena dapat di akses dimanapun, namun bukan berarti media ini tidak memiliki kekurangan. Media ini sangat bergantung dengan koneksi internet untuk dapat menggunakannya. Baik untuk proses penyimpanan, perubahan, atau pengaksesan data. Artinya, jika kamu pergi ke tempat yang tidak memiliki jaringan internet, kamu tidak akan bisa mengakses data ini. Belum lagi tarif internet yang belum bisa dikatakan benar-benar murah, terkadang membuat orang malas untuk menggunakannya. Apalagi, jika data yang sering diakses ini berukuran cukup besar, pastinya cepat menghabiskan kuota internet jika harus di-download berulang kali.

  • Flashdisk dan Harddisk

Mengapa kedua media ini digabungkan dalam point yang sama? Alasannya, karena kedua media ini memiliki kelemahan yang hampir sama. Baik flashdisk maupun harddisk sangat senditif dengan yang namanya virus. Sekali saja alat ini digunakan pada komputer yang memiliki virus, maka seluruh data akan terinfeksi. Bahayanya lagi, ketika alat yang sudah terinfeksi virus ini digunakan pada komputer lain, komputer tersebut bisa ikut terinfeksi. Selain itu, harddisk cenderung sangat senditif terhadap benturan. Jika kamu tidak menyimpannya dengan baik, maka alat ini akan mudah rusak.

  • CD / DVD

Alat ini jarang sekali digunakan untuk menyimpan data yang membutuhkan rewrite. Hal ini bukan tanpa sebab, karena butuh proses yang cukup ribet untuk melakukan rewrite. Kamu harus meng-install sebuah aplikasi khusus. Belum lagi, saat membeli CD/DVD kamu harus memastikan bahwa CD/DVD yang kamu beli ini rewriteable. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *