Tahukah Anda Bagaimana Cara Membaca Polis Asuransi?

Begitu melihat judulnya pasti Anda bertanya-tanya, memangnya penting? Kan perusahaan asuransi kesehatan yang bagus pasti memiliki agen yang berkualitas yang akan menjelaskan pada kita. Jadi, untuk apa lagi belajar bagaimana cara membaca polis asuransi?

Sebenarnya Anda memang bisa mendapatkan segala informasi dari agen asuransi. Namun jangan lupa, agen asuransi tidak hanya menangani Anda saja. Jadi Anda tidak bisa protes jika seandainya ada hal yang mungkin terlewat. Nah, supaya Anda tidak akan merasa dirugikan akibat hal tersebut, ada baiknya jika Anda mulai mempelajari bagaimana caaranya membaca polis asuransi.

polis asuransi
Source: signpostma

oleh agen asuransi. Selain itu, dengan memahami bagaimana cara membaca polis asuransi bisa menjadi cara agar terhindari dari agen asuransi nakal yang terkadang memanipulasi penjelasannya agar Anda tertarik untuk mendaftar polis asuransi.

  • Lihat detail lembar pernyataan polis

Periksa secara detail apakah seluruh data yang tercantum dalam lembar pernyataan sudah sesuai atau bellum. Dalam lembar pernyataan ini biasanya akan tercantum berbagai informasi seperti nama tertanggung, nama pemegang polis, nama penerima manfaat dan nominal pertanggungan, lingkup pertanggungan, dan berbagai informasi penting lainnya.

  • Konteks pengecualian asuransi

Konteks pengecualian ini adalah keterangan mengenai hal-hal apa sajakah yang akan membuat klaim asuransi ditolak. Misalnya pada asuransi jiwa hal yang termasuk pengecualian adalah kematian akibat bunuh diri atau terlibat dalam tindakan kriminalitas.

  • Masa tenggang polis asuransi

Masa tenggang polis bisa dikatakan sebagai masa garansi. Jika seandainya dalam masa tenggang ini Anda menemukan adanya suatu hal yang tidak sesuai dengan penawaran yang diberikan oleh agen atau adanya ketidaksesuaian dengan kesepakatan, maka Anda berhak mengajukan pembataalan polis tanpa dikenakan denda. Masa tenggang ppolis ini biasanya antara 7 hingga 14 hari terhitung sejak tanggal polis dibuat.

  • Cek ulang

Baca kembali secara detail semua informasi penting yang tercantum dalam polis. Pastikan bahwa seluruh data yang tercantum sudah diisi dengan jujur karena jika ditemukan adanya manipulasi data, meskipun hanya sedikit, dapat membuat klaim Anda ditolak atau polis asuransi dibatalkan. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *