diabetes

Tahapan atau Fase Penyakit Diabetes

Memiliki kadar gula yang tinggi pada darah merupakan penyebab awal dari penyakit diabetes, penyakit yang bisa disebabkan karena kelainan dari reaksi kimia dalam proses pemanfaatan lemak, protein, dan karbohidrat karena dalam prosesnya tidak cukupnya pengeluaran insulin. Insulin sendiri merupakan hormon penting yang dihasilkan oleh pankreas dalam mengatur jumlah gula dalam darah.

diabetes
Source: healthbusiness

Tingginya kadar gula dalam darah ini menjadi penyebab dari penyakit diabetes, walaupun belum bisa sepenuhnya disebut sebagai diabetes. Akan tetapi kadar gula yang tinggi bisa menjadi awal dari pra diabetes pada orang dewasa yang dialami. Sedangkan untuk tahapan atau fase penyakit diabetes adalah seperti berikut.

  1. Diabetes mellitus tipe 1. Tipe diabetes yang pertama ini memiliki ciri-ciri dengan hilangnya sel beta yang merupakan penghasil insulin, karena hilangnya insulin ini maka diabetes pun menjadi masalah. Penyakit diabetes yang sering disebut sebagai diabetes anak-anak ini terjadi karena kesalahan dari rekasi autoimunitas yang bisa menghancurkan sel beta pankreas.
  2. Diabetes mellitus tipe 2. Untuk tahapan yang kedua ini bisa terjadi karena kombinasi dari produksi insulin yang kurang serta adanya resistensi terhadap insulin atau berkurangnya sensitivitas akan insulin yang melibatkan reseptor insulin di membran sel. Tipe yang kedua ini sangat sering terjadi karena obesitas. Bahkan untuk obesitas sendiri menjadi penyebab utamanya yang hampir ditemukan pada 90% orang yang terkena diabetes.

Diabetes adalah penyakit yang berbahaya karena bisa menimbulkan berbagai komplikasi. Untuk itulah mulai batasi konsumsi gula dan terapkan pola hidup sehat untuk mengurangi risiko terkena penyakit ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *