vitamin C

Skorbut, Penyakit Langka Akibat Kekurangan Vitamin C

Sama halnya dengan vitamin lainnya, manfaat vitamin C untuk tubuh juga sangatlah penting dan tidak boleh diabaikan begitu saja. Mungkin, selama ini kamu hanya tahu manfaatnya sebagai penjaga daya tahan tubuh. Atau kamu mungkin hanya tahu bahwa dampak dari kekurangan vitamin C adalah munculnya sariawan. Padahal, sebenarnya tidak sesederhana itu, loh.vitamin C

Yap, seseorang yang mengalami masalah kekurangan vitamin C berisiko tinggi menderita penyakit skorbut atau scurvy. Kamu mungkin jarang mendengarnya, karena ini memang termasuk penyakit yang cukup langka. Nah, untuk lebih jelasnya, langsung saja yuk kita bahas tentang penyakit ini dan hubungannya dengan vitamin C.

Menurut situs alodokter, selain berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh, vitamin C juga berfungsi untuk membantu produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen sendiri merupakan protein yang terdapat pada berbagai jaringan tubuh. Ketika tubuh kekurangan vitamin C, maka serat kolagen tidak akan dapat diperbaiki. Hal ini akan memicu munculnya kerusakan jaringan yang pada akhirnya memicu munculnya skorbut pada seseorang.

Pada masa awal tubuh kekurangan vitamin C, seringkali tubuh belum menunjukkan gejala apapun. Gejala biasanya mulai muncul setelah kekurangan vitamin C ini memasuki tahap kronis, yaitu sekitar 3 bulan. Beberapa gejala yang muncul yaitu:

  • Merasa lelah dan letih
  • Munculnya bintik biru kemerahan di kulit.
  • Sering uring-uringan
  • Nyeri pada bagian tungkai dan anggota gerak badan yang lain
  • Pembengkakkan pada gusi
  • Nyeri sendi akibat adanya pendarahan pada sendi
  • Sesak napas, khususnya setelah melakukan aktivitas berat
  • Kulit mudah lebam
  • Bekas luka memerah dan bengkak

Kemunculnya bintik biru kemerahan di kulit biasanya berlokasi di tempat munculnya rambut (folikel rambut pada kulit). Rambut yang tumbuh pada area tersebut biasanya akan lebih keriting dan mudah rontok. Jika bintik ini mulai muncul dan tidak segera diatasi, maka bintik ini dapat menyatu dan semakin parah.

Ketika beberapa gejala di atas mulai muncul dan tidak segera diatasi dengan cara yang tepat, maka akan semakin parah dan berisiko menimbulkan masalah kesehatan lainnya, seperti jaundice. Kondisi tersebut ditandai dengan menguningnya bagian putih pada bola mata dan juga kulit. Tidak hanya jaundice, masalah kesehatan lain yaitu edema, hingga penyakit jantung.

Wah, sangat berbahaya sekali, kan? Jadi, segera penuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuhmu. Ingat, tubuh tidak mampu memproduksi sendiri vitamin ini, artinya kamu harus memenuhi kebutuhannya melalui makanan yang kamu konsumsi. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C lebih banyak dari jeruk dan lengkapi dengan suplemen jika memang dibutuhkan. Namun, jangan mengonsumsinya secara berlebihan juga ya! Sebab, konsumsi vitamin C yang berlebihan juga bisa menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *